Soal Matematika Olimpiade Sains Provinsi (OSN-P) 2022 Tingkat SMA


Salam Para Bintang

OSN-P 2022 telah dilaksanakan dan akan segera diumumkan nama-nama peserta yang mengikuti tahap berikutnya yaitu OSN untuk tingkat nasional. Siswa yang mendapat medali emas,perak dan perunggu akan dipilih ditingkat kabupaten dan mewakili masing-masing kabupaten untuk berkompetisi kembali di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal yang ditendtukan (segera diupdate)  atau silahkan cek di https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/


Baca Juga:

Kumpulan soal-soal KSN Matematika dan Jadwal Seleksi KSN-S SMA/MA Tahun 2022  

SOAL OSP MATEMATIKA:

1.  Misalkan a,b,c adalah bilangan asli sedemikian sehingga a + 2b + 3c = 59. Nilai minimum dari     adalah….

 

2. Diketahui ABCD adalah trapesium sedemikian sehingga AB II CD, dengan panjang AB = 7 dan CD = 8. Misalkan titik P dan Q berturut-turut pada AD dan BC sedemikian sehingga PQIIAB. Jika keliling trapesium ABQP sama dengan keliling trapesium PQCD serta AD+BC =10, panjang dari 20PQ adalah…..


3.  Diberikan segitiga sama sisi ABC dengan panjang  sisi 19  satuan. Dengan mempartisi masing-masing sisi segitiga tersebut menjadi 19 segmen garis sama panjang dan menarik garis-garis yang sejajar dengan masing-masing ketiga sisinya akan diperoleh segitiga sama sisi dengan panjang sisi 1 satuan.Banyaknya jajargenjang yang terbentuk dari proses tersebut adalah 19k. Nilai k=···.

 

4.       Misalkan a,b bilangan asli yang memenuhi persamaan

 

Hasil penjumlahan semua nilai yang mungkin dari b adalah ..


5. Tinjau barisan semua bilangan tujuh angka (digit) yang masing-masing menggunakan semua angka 1,2, 3, 4, 5, 6, dan 7, diurutkan mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Suku ke-2024 dari barisan tersebut adalah ...

 

6.  Diberikan suku banyak P(x) dengan koefisien bilangan bulat yang memenuhi P(6) P(38) P(57) +19 habis dibagi 114. Jika P(13) = 479 dan P(0) 0, nilai terkecil yang mungkin dari P(0) adalah ..


7. Banyaknya pasangan bilangan bulat (m,n) yang merupakan solusi dari persamaan

  adalah…..


8.   Misalkan ABC adalah segitiga dengan panjang sisi AB = 16,AC = 23 dan BAC = 30. Luas persegi panjang terbesar sehingga salah satu sisinya berhimpit dengan BC, dan dua titik sudut  lainnya masing-masing pada AB dan AC adalah ..

9.  Banyaknya himpunan bagian tak kosong dari S = {1,2,3,···,21} yang hasil penjumlahan anggota-anggotanya habis dibagi 4 adalah 2km, dengank,mbilangan bulat dan 0 m 2022. Nilai dari10k+m adalah ...

 

10. Definisikan barisan {} dengan > 3, dan untuk semua bilangan asli n 1 berlaku

Jika |= 2023, nilai dari =….


Baca Juga:

Soal Matematika  Olimpiade Sains Kabupaten (OSN-K) 2022 Tingkat SMA 


Bagian Kedua

 

1.  Misalkan A dan B himpunan dengan sifat bahwa terdapat tepat 144 himpunan yang merupakan himpunan bagian dari A atau B. Tentukan banyaknya anggota AB.

 

2.  (a)Tentukan suatu bilangan asli n sehingga n(n+2022) +2 merupakan bilangan kuadrat sempurna.

(b)Tentukan semua bilangan asli a sehingga untuk setiap bilangan asli n, bilangan  n(n+a) + 2 tidak pernah merupakan suatu kuadrat sempurna.

 

3.   Diketahui bahwa x dan y adalah bilangan real yang memenuhi

 

 

Tanpa menggunakan kalkulus (turunan/integral), tentukan nilai maksimum dari

 

4.  Diberikan segitiga ABC dengan titik pusat lingkaran luar O. Titik D merupakan refleksi titik A terhadap BC. Misalkan`adalah garis yang sejajar dengan BC dan melalui O. Garis melalui B sejajar CD dan`bertemu pada titik B1 .CB1 dan BD berpotongan pada titik B2 . Garis melalui C sejajar BD dan`bertemu pada titik C1 . BC1  dan CD berpotongan pasa titik C2 . Buktikan bahwa A, B2 ,C2 ,D terletak pada suatu lingkaran.

 

5. Pada papan tulis mula-mula terdapat 22 angka 1,2,3,···,21,22. Suatu langkah adalah prosedur memilih dua angka a,b pada papan dengan b a+2, kemudian menghapus a dan b dan menggantikannya dengan a+1 dan b1. Tentukan banyaknya langkah maksimum yang mungkin dapat dilakukan


Berikut admin akan berbagi file pdf salinan soal Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten 2022 bidang Matematika. Silahkan didonload dan menjadi bahan di tahun 2023.

  
Baca Juga:

No comments

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//