Kumpulan Soal-soal UM-PTKIN Terlengkap dari Tahun ke Tahun + Pembahasan


Salam Para Bintang
UMPTKINmerupakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang diselenggarakan secara serentak nasional dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. UMPTKIN ini merupakan salah satu jalur masuk PTKIN yaitu Universitas Islam Negeri (UIN)Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang ada di Indonesia. Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang menggunakan nilai raport dan prestasi akademik, jalur UM PTKIN ini merupakan ujian tulis atau tes tulis dengan mengerjakan soal umptkin.
Soal UM PTKIN sendiri terbagi menjadi tiga kelompok ujian yang bergantung pada jurusan UMPTKIN yang dipilih. Ada Kelompok Ujian IPS, Kelompok Ujian IPA dan Kelompok Ujian IPC.





Baca selengkapanya di sini:

Saya akan mencoba membagikan soal-soal UM-PTKIN kepada adik-adik yang membutuhkannya. Semoga dengan soal ini kalian bisa semakin semangat untuk terus belajar mempersipakan diri mengahdapi ujian. Benar demikian.
Nah soal ini saya kumpulkan dari berbagai sumber, yaitu dari https://paduankuliah.blogspot.com, https://ainamulyana.blogspot.com/ ,  dengan harapan menyatukannya agar semakin mudah adik-adik pahami. Intinya lebih gampang melihat dan terfokus untuk download dan semakin mempercepat kita untuk mempelajarinya.

Sekarang kita coba berbagi untuk belajar bersama, semoga bermanfaat.
Tak ada yang tak bisa jika kita belajar.

Semoga sukses dan lulus di UM-PTKIN.
Buat kalian, yang ingin mendapatkan pembahasan soal-soalnya silahkan berkunjung di chanel saya di chanel ruang para bintang, gudangnya pembahasan soal dan informasi terbaru.



1. Soal Tahun 2014


2. Soal Tahun 2015
  • Download

3. Soal Tahun 2016

4. Soal Tahun 2017

5. Soal Tahun 2018

6. Soal Tahun 2019



5.Soal Tahun 2020 (Sabar belum ujian ya)

Untuk kemampuan bahasa Arabnya harus perlu juga di latih berikut kumpulan soal-soalnya juga silahkan dipelajari ya.

  • Soal Kemampuan Bahasa Arab I [Download]
  • Soal Kemampuan Bahasa Arab II [Download]
  • Soal Kemampuan Bahasa Arab III [Download]
  • Soal Kemampuan Bahasa Arab IV [Download]

Lihat pembahasannya di chanel youtube  :ruang para bintang.



Nih kumpulan pembahasannya klik di sini: 

Silahkan gabung di grup whatapp:


Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua,semoga adik-adik kami semua bisa lulus di PTKIN yang kalian harapkan. Tidak ada gading yang tak retak. Jika ada kekurangan dalam penulisan soal dan tata bahasa. Mohon maaf sebesar-besarnya.


26 comments:

  1. Terima kasih semoga bermanfaat dan
    Semoga bisa menjadikan amal kebaikan

    ReplyDelete
  2. Kok jawaban nya gaada ya kak?

    ReplyDelete
  3. Bagi kunci jawabannya juga dong min

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak....
    Min kalo bisa sekalian sama kunci jawabannya..

    ReplyDelete
  5. Pengen di kirim lagi ka🙏

    ReplyDelete
  6. Maksih semoga amal kebaikan di balas oleh yg maha kuasa

    ReplyDelete
  7. Thanks kak,kalau boleh tau nnti yg diujiankan setiap mapel berapa soal ya kak

    ReplyDelete
  8. Terimaksaih kak, semoga berkah dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. Terimakasih banyak kak, semoga membantu dan bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Terimakasih yaa... Full barokah aamiin ......

    ReplyDelete
  11. Kak bagi kunci jawabannya dong habis angoreksi mana bener mana salah nih,terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih kakak yang baik
    Semoga menjadi amal ibadah😁

    ReplyDelete
  13. Bagi kunci jawaban nya kak

    ReplyDelete

Download Soal SMM PTN BARAT dan Latihan SMM PTN BARAT 2020 + Informasi Pendaftaran 2020

Salam Para Bintang Halo semua para pecinta PTN (Perguruan Tinggi Negeri) ? Udah Pernah dengar Jalur SMM PTN gak nih? Penerimaan mahasiswa ba...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//