10 Aplikasi Belajar Terbaik Berbasis Game Menarik Bagi Siswa, Penyemangat Belajar Dari Rumah !!

Salam Para Bintang

Ada berbagai aplikasi belajar yang sangat cocok dengan siswa khususnya yang berhubungan dengan permainan. Ini sangat menarik bagi siswa, terutama ketika siswa bosan, jenuh dan suntuk apalagi les-les terakhir belajar. Maka kita sebagai guru harus lebih peka untuk menerapkan permainan. 

Pada saat ini, di tahun 2020 ini dimana ada masalah besar di negara kita ini yaitu mewabahnya virus COVID-19, sehingga mewajibkan siswabelajar dari rumah. Siswa diliburkan dari sekolah tapi tetap belajar tetapi dari rumah. Untuk itu, untuk memancing animo siswa maka kita harus menerapkan berbagai usaha untuk semangat belajar meskipun dari android atau laptop di rumah siswa masing-masing.

Saya sangat senang berbagi dengan kita semua,kali ini saya akan coba berbagi tentang beberapa aplikasi belajar dengan konsep permainan secara online. Yuk mari kita bahas satu persatu ya.
Kita mulai dari yang pertama yaitu Kahoot, pasti dong dah tau ya?

Berikut beberapa aplikasi belajar di era milenial dan digital saat ini,sangat recomended untuk guru-guru nih ya. Monggo langsung dicoba ya !!

1. Kahoot !

    Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game , digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Game pembelajarannya, "Kahoots", adalah kuis pilihan ganda yang memungkinkan yang dibuat pengguna dan dapat diakses melalui browser web atau aplikasi Kahoot. Kahoot! dapat digunakan untuk meninjau pengetahuan siswa, untuk penilaian formatif , atau sebagai istirahat dari kegiatan kelas tradisional. Kahoot! juga termasuk kuis trivia .

Kahoot adalah aplikasi edukatif dengan mode kuis. Biasanya, saat pertama kali kamu membuka Kahoot! kamu langsung bisa membuat kuis versi kamu sendiri dengan cara registrasi terlebih dulu. Dalam proses pembuatan kuis, kamu dapat menambahkan soal, alternatif jawaban, menentukan jawaban yang benar, dan pengaturan lain yang diperlukan.
Kerennya adalah, setiap kuis yang udah kamu buat, secara otomatis bakalan tersimpan pada akun Kahoot!. Setelah kuis kamu selesai kamu buat, kamu udah bisa mulai permainan ini dan memainkannya di dalam kelas. Kahoot! menggunakan teknologi unique PIN, dimana kuis yang akan kamu mainkan di dalam kelas diidentifikasi dengan sebuah PIN. Sebelum temen-temen kamu siap memainkan kuisnya, kamu harus kasih tahu PIN-nya terlebih dahulu, Quipperian. Selanjutnya baru deh kalian dapat memainkan kuisnya baik secara individual maupun berkelompok.
Klik di sini: https://kahoot.com/

2. Quizizz

    Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. 


Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan
Klik di sini: https://quizizz.com

3. Quizlet
    Sesuai namanya, aplikasi yang satu ini hampir mirip dengan Kahoot! Bermodalkan mode kuis di dalamnya, pengembang dari aplikasi Quizlet ini berharap para siswa di seluruh dunia dapat menikmati kenyamanan belajar dengan cara yang menyenangkan. Quizlet dapat membantu kamu belajar dengan rasa percaya diri. 

Aplikasi Quizlet bermanfaat untuk pelajaran apa saja, termasuk kosakata, biologi, kimia, GRE, bahasa Inggris dan masih banyak lagi. Belajar bahasa asing lebih efektif dengan metode belajar yang memungkinkan kamu untuk menghafal kosakata, belajar pengucapan dan mengetes diri kamu dalam lebih dari 18 bahasa, termasuk bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman dan Cina.

klik di sini: https://quizlet.com/

4. Wordwall

Wordwall adalah alat melek huruf yang terdiri dari kumpulan kata-kata yang terorganisir (biasanya dalam urutan abjad) yang ditampilkan dalam huruf besar yang terlihat di dinding, papan buletin, atau permukaan tampilan lainnya di ruang kelas. Wordwall dirancang untuk menjadi alat interaktif bagi siswa atau orang lain untuk digunakan, dan berisi berbagai kata yang dapat digunakan selama menulis dan / atau membaca.


Meskipun biasanya terkait dengan instruksi membaca / menulis, kata tembok menjadi biasa di ruang kelas untuk semua bidang pelajaran karena kemampuan mereka untuk menumbuhkan kesadaran fonemik, menampilkan koneksi di seluruh kata "keluarga" (seperti kata "-ick"), berfungsi sebagai pendukung / referensi untuk siswa, serta menciptakan pengalaman yang bermakna / dimengerti / berkesan dengan kata-kata kosa kata baru, ini dapat membantu Anda menciptakan pekerjaan yang lebih baik untuk sekolah, pekerjaan dan pribadi.

Karena sifatnya yang fleksibel dan kemampuan untuk "tumbuh" bersama siswa, kata dinding dapat digunakan di ruang kelas mulai dari pra-sekolah hingga sekolah menengah.

Wordwall dianggap sebagai alat interaktif dan kolaboratif, karena merupakan artefak yang dibuat oleh siswa dan berpusat pada siswa. Banyak variasi kata dinding saat ini ada, termasuk yang menampilkan ilustrasi kata dan daftar kode warna.

Klik di sini: wordwall.net

5. Educandy

Dengan Educandy, Anda dapat membuat game belajar interaktif dalam hitungan menit. Yang Anda butuhkan adalah memasukkan kosakata atau pertanyaan dan jawaban dan Educandy mengubah konten Anda menjadi kegiatan interaktif yang keren. 

Setelah Anda membuat aktivitas, kode unik dihasilkan. Cukup bagikan kode itu dengan siswa Anda sehingga mereka dapat memainkan game di perangkat mereka sendiri. Atau Anda bisa menyematkan game ke situs web Anda sendiri. Siswa dapat memainkan game yang Anda buat di perangkat mereka sendiri dengan mengunjungi situs web Educandy atau mengunduh aplikasi Educandy di tablet mereka. Permainan juga dapat dimainkan di papan tulis interaktif.

Klik di sini: https://www.educandy.com/


6. Oodlu

Oodlu adalah alat untuk membuat dan memainkan game mandiri secara digital. Anda dapat mengakses Oodlu di webnya langsung dan juga tersedia untuk iOS dan Android. Bank dengan lebih dari 2 juta pertanyaan yang telah dibuat tersedia bagi para guru untuk menduplikasi dan menambah kreasi permainan mereka. Anda juga dapat membuat pertanyaan Anda sendiri!


Oodlu benar-benar sangat menarik karena begitukalian  membuat bank pertanyaan dan menekan Mainkan, kalian dapat memilih tema untuk permainan yang akan muncul di antara beberapa pertanyaan.dimasukkan.

Klik di sini: https://oodlu.org/home

7. quizalize
Quizalize adalah platform online untuk latihan kelas dan penilaian yang dapat diakses oleh komputer, tablet, atau ponsel. 

Guru dapat membuat kuis untuk menguji pengetahuan siswa di kelas, kemudian melihat hasilnya di Dashboard Guru melalui laporan data. Kuis dapat diintegrasikan ke dalam Zzish, sistem manajemen aplikasi pembelajaran populer yang banyak guru dan sekolah gunakan.


8. baambozle

Baamboozle adalah alat yang cepat dan mudah digunakan untuk bermain dan membuat game. Tidak perlu registrasi untuk bermain. Pilih tautan "Mainkan game sekarang" untuk menuju ke semua game yang disimpan di Baamboozle.

Gulir ke seluruh untuk melihat permainan, atau mencari istilah. Bagilah kelompok menjadi dua tim dan mulailah bermain. Setiap tim memilih nomor dari papan permainan dan menjawab pertanyaan. Periksa akurasi; kemudian, Baamboozle melacak skor. Gunakan game yang ditemukan di situs, atau buat game di perangkat apa pun. Registrasi dengan email diperlukan untuk membuat game sendiri.

Klik di sini:https://www.baamboozle.com/

9. Quiznetic/quizwhizzer

QuizWhizzer adalah alat yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman kelas melalui gamifikasi, tanpa mengurangi pembelajaran. Ini menambah kompetisi persahabatan untuk game kuis serba otomatis. Ini adalah balapan menuju akhir, di mana Anda maju dengan menjawab pertanyaan!

Meskipun saya bukan lagi seorang siswa, saya masih mengerjakan QuizWhizzer karena saya percaya ini berpotensi berdampak positif pada lebih banyak guru dan siswa. Kita hidup di era digital, yang memungkinkan lebih banyak teknik belajar yang menyenangkan dan efektif daripada sebelumnya. Namun banyak ruang kelas masih bekerja dari buku teks.

Tentu saja ada alat edtech lain di luar sana, tetapi dari pengalaman saya tampaknya guru membutuhkan berbagai alat untuk menjaga hal-hal tetap segar. Setiap alat unik dan akhirnya melayani tujuannya sendiri.

Klil di sini: https://app.quizwhizzer.com/


10. factile

Factile adalah platform pembelajaran gratis yang memungkinkan guru membuat game kuis bergaya berbahaya yang menarik untuk ruang kelas. Nilailah pemahaman siswa tentang topik-topik baru atau tinjau konsep-konsep terbaru menggunakan templat gameboard kami yang sederhana dan ramah pengguna. Bagikan game Anda dengan siswa, atau cari basis data kami dari game yang sudah dibuat.

Klik di sini:




Demikianlah yang bisa saya sampaikan sebagai bahan untuk Bapak/ibu yang ingin menggabungkan pembelajaran di kelas dengan menggunakan kuis. Semoga bermanfaat.


Baca Juga: 

No comments

Materi, Soal, dan Pembahasan Terlengkap – Persamaan Trigonometri Berbentuk a cos x + b sin x = c

Salam Para Bintang Pada materi sebelumnya, telah dipelajari persamaan trigonometri dasar . Nah, kali ini kita akan lanjutkan ke materi persa...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//