UJIAN MASUK POLITEKNIK STATISTIKA (POLSTAT STIS 2019




Download Soal-soal stis. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958, memberi kesempatan lulusan sekolah menengah umum jurusan IPA untuk dididik menjadi ahli statistik. STIS merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional.
Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan,sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan keterampilan di bidang statistik dan komputasi statistik.
Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang siap dan mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.
STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi. Tenaga Pengajar merupakan lulusan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3. Lulusan STIS mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

Image result for stis

PROGRAM STUDI DIII STATISTIKA    

Gelar yang akan diberikan kepada lulusan program studi ini adalah Ahli Madya Statistika atau disingkat dengan A.Md.Stat.     Program Studi Diploma III Statistika menghasilkan lulusan yang siap pakai dalam menerapkan dan mengimplementasikan keilmuan statistika pada kegiatan statistika dasar. Kompetensi lulusan program studi Diploma III Statistika adalah: mampu menyelesaikan pekerjaan statistika dengan menerapkan metode statistika yang tepat dalam hal pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, serta interpretasinya, menguasai konsep metode statistika dalam hal pengumpulan data, pemilihan metode yang tepat serta analisis data dan mengaplikasikan sehingga dapat memformulasikan serta menyelesaikan pekerjaan statistika, mampu melakukan penarikan sampel dalam kegiatan survei BPS dan bekerja secara tim dan menyusun hasil kerja serta mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis.     Profil lulusan program studi Diploma III Statistika merupakan praktisi statistik yang merupakan pegiat atau pelaksana atau orang yang melakukan pekerjaan dengan menggunakan metode-metode statistik. Di dalam lingkup BPS, lulusan Program studi Diploma III akan menjadi Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) yang merupakan ujung tombak kegiatan statistik di BPS.


    Gelar yang diberikan kepada lulusan program studi ini adalah Sarjana Statistika Terapan atau disingkat dengan S.Stat. Program studi ini memiliki dua bidang peminatan (kekhususan), yaitu:
  1. Statistika Ekonomi. Pada peminatan ini, mahasiswa mempelajari statistika bidang statistik ekonomi sehingga mampu melaksanakan kegiatan dan analisis data statistik harga-harga, produk domestik regional bruto, neraca wilayah, indikator ekonomi, dan lain sebagainya.
  2. Statistika Sosial. Sedangkan untuk peminatan ini, mahasiswa di fokuskan untuk mempelajari statistika bidang statistik sosial, kependudukan, dan demografi sehingga mampu melakukan analisis dan pelaporan di bidang sosial, kependudukan, demografi, kesehatan, lingkungan dan lain sebagainya
    Yang menjadi ciri khas dan pembeda dengan program Sarjana Statistika di universitas lainnya adalah lebih banyaknya penekanan pada praktek (vokasi) serta lebih di fokuskan kepada pembelajaran (teori dan praktek) kegiatan statistik pemerintahan (official Statistics) serta penerapan metoda sampling pada kegiatan-kegiatan survei BPS yang tidak terdapat pada program studi statistik di universitas lainnya.
    Kompetensi dari lulusan Program studi Diploma IV Statistika, selain mencakup kompetensi lulusan Program studi Diploma III Statistika juga ditambah dengan:
  1. mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan
  2. mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok serta bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
 
    Gelar yang diberikan kepada lulusan program studi ini adalah Sarjana Statistika Terapan (S.Stat). Secara umum lulusan Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik STIS memiliki keunggulan dalam bidang statistika terapan, official statistics serta penerapan teknologi informasi terkini untuk melakukan pengolahan dan analisis data statistik, sehingga dapat menghasilkan statistik yang real time dan up to date. Kompetensi Lulusan Program studi DIV Komputasi Statistik adalah:
  1. memiliki kinerja profesional sebagai ahli statistika yang menguasai teknik pengolahan data, pembuatan program (antara lain program aplikasi statistik, program berbasi Web), dan perancangan sistem informasi statistik;
  2. mengembangkan serta memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komputasi statistik yang ditunjukkan dengan penguasaan metode dan kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya;
  3. menguasai dan memahami official statistics serta mampu melakukan penghitungan dan menginterpretasikan indikator-indikator statistik;
  4. mengolah data menggunakan berbagai software statistik seperti R, SPSS, STATA, SAS, Minitab, Oracle, Turbo/Free Pascal dan sebagainya, sekaligus dapat menginterpretasikan hasilnya,
  5. membangun software statistika sesuai dengan kebutuhan;
  6. menggunakan serta membangun berbagai teknologi informasi dalam pembuatan program maupun sistem informasi statistik seperti database management system, pemrograman berbasis objek, pemrograman berbasis web, dan sebagainya, mulai dari perancangan sampai ke implementasi. 



Penerimaan mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS dibuka melalui dua jalur. Yang pertama adalah jalur ikatan dinas (ID), yang merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA. Jalur kedua, adalah jalur Tugas Belajar (TB) yang merupakan jalur seleksi untuk mereka yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau anggota TNI/POLRI yang sudah lulus SMA/MA dan ditugaskan oleh instansi asal untuk berkuliah di politeknik statistika STIS.

Untuk calon mahasiswa yang mendaftar dari jalur ikatan dinas, akan diadakan empat tahap seleksi penerimaan mahasiswa baru. Empat tahap tersebut adalah tes potensi akademik (matematika), tes tahap II berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tes tahap III berupa psikotes, dan tes tahap IV berupa tes kesehatan dan kebugaran.

Syarat Pendaftaran Jalur Ikatan Dinas STIS
Syarat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS adalah sebagai berikut.

1. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dan bebas narkoba.

2. Umur pada 1 Oktober 2018 minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun.

3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjadi mahasiswa Politeknik Statistika STIS sampai diangkat sebagai PNS.

4. Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan instansi lain.

5. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.

6. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) setelah dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS.

7. Bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatan di seluruh wilayah Indonesia, sampai ke tingkat kabupaten/kota setelah lulus Politeknik Statistika STIS.

8. Untuk program diploma IV yang menampung 450 mahasiswa baru, terdapat rincian syarat berupa:

- calon peserta adalah lulusan SMA/MA jurusan IPA,
- siswa SMA/MA jurusan IPA tahun ajaran 2017/2018 kelas XII,
- nilai matematika dan bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I.

9. Untuk program diploma III yang menampung 150 mahasiswa baru, terdapat rincian syarat berupa:
- calon peserta adalah lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, atau
- siswa SMA/MA jurusan IPA/IPS tahun ajaran 2017/2018 kelas XII,
- nilai matematika dan bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I.

Sebagai catatan, program Diploma III hanya boleh dilamar oleh peserta yang berdomisili di Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT, NTB, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Dibatasinya penerimaan mahasiswa untuk program Diploma III terjadi karena diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ditugaskan sebagai ahli madya statistika di provinsi dimaksud.

Tata Cara Mendaftar di Politeknik Statistika STIS
Langkah-langkah mendaftar di Politeknik Statistika STIS adalah sebagai berikut.

1. Calon peserta mendaftar melalui portal SSCN (https://sscndikdin.bkn.go.id). Selanjutnya, calon peserta mengisi data pendaftaran secara online di aplikasi SPMB Politeknik Statistika STIS dengan alamat http://www.stis.ac.id/spmb. Baik saat di portal SSCN maupun di aplikasi SPMB, calon peserta harus menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password yang sama. Setelah itu, calon peserta akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode pembayaran.

2. Calon peserta membayar biaya seleksi dengan kode pembayaran di atas melalui BRI sebelum batas waktu yang ditentukan. Biaya seleksi sebesar Rp300.000,00 ditanggung peserta. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali.

3. Setelah membayar, calon peserta diminta membuka laman Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).

4. Calon peserta mengikuti petunjuk yang tersedia pada KTPUM.


 UNTUK SOAL-SOAL STIS SEGERA MENYUSUL,TERIMAKASIH,,,,,

Buat kamu yang berkeinginan lulus di POLSTAT STIS dan PT Kedinasan yang lain berikut soal-soal sebagai pemandu adik-adik bisa lulus di POLSTAT STIS:


Silahkan klik disini !!!

itu saja yang bisa saya berikan kepada seluruh peminat STIS....
Semakin adik-adik persiapn, maka peluang menang semakin banyak....


sumber: stis.ac.id    
gambar: http://berita.baca.co.id/

No comments

INFORMASI PENDAFTARAN SISWA-SISWI BARU DI BIMBINGAN BELAJAR STAR ED TAHUN 2019/2020

Hai semua calon pemilik masa depan.... Salam Para Bintang Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang pentingnya ...

Powered by Blogger.