Berbagai Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia, Simak dengan cermat !



Salam para bintang

Para petarung PTN 2021
Siapkah kalian menghadapi masa depan yang semakin sulit? Jawabnya harus siap, kenapa?
Karena memang semakin hari semakin sulit dalam fakta kehidupan. Ingat, belajar itu sangat penting. Seperti kata-kata ini:

Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka terpaksa." (Arthur Wellesley)
Saat ini perkembangan semakin cepat, maka harapannya kalian jangan sampai tergilas oleh zaman. Mampukah kalian mempersiapkan ini semua? Tetap harus kita jawab "saya mampu".

Kali ini saya kan mencoba menulis sebuah artikel tentang informasi PTN (Perguruan Tinggi Negeri ).Apakah kalian berminat untuk masuk di PTN di tahun 2021?
Kalian sudah harus punya jawaban dari sekarang ya. Jangan tunggu waktunya tiba baru belajar ya.oke.

Sekarang simak dulu, apa-apa saja jalur yang bisa kalian ikuti dalam masuk PTN 2021 yang akan datang? Ops....s ternyata banyak juga loh jalurnya. Cus kita langsung ke TKP ya!

A. Jalur Rapot dari Sekolah (UNDANGAN)

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri
 atau biasa disingkat SNMPTN maupun SNMPTN Premium adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Pendaftaran Jalur Undangan dilakukan oleh Kepala Sekolah yang dimulai pada tanggal yang ditentukan panitia snmptn, yakni sekolah yang terakreditasi A bisa merekomendasikan 50 persen siswa terbaik dari keseluruhan siswa, akreditasi B mendaftarkan 30 persen siswa terbaiknya, sedangkan akreditasi C 15 persen terbaik, di luar itu lima persen terbaik


2.   SPAN PTKIN 


SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi dari siswa-siswi SMA, SMK, MA, MAK, atau Pesantren Mu’adalah agar memperoleh pendidikan tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Persyaratan Umum

1) Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2021.

2) Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

3) Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.


3. PMDP Poltekkes Negeri (Penelusuran Minat dan Bakat Polteknik Kesehatan Negeri)


Sipenmaru Jalur PMDP adalah jalur seleksi bagi calon mahasiswa baru yang dilakukan berdasarkan seleksi prestasi akademik dan minat bakat. Seleksi Sipenmaru Jalur PMDP terdiri dari:

  1. Prestasi Akademik

Seleksi PMDP berdasarkan Prestasi Akademik dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu:

1)Tahap I:Seleksi berdasarkan kelengkapan berkas administrasi sesuai persyaratan
2)Tahap II:Seleksi berdasarkan nilai kumulatif
3)Tahap III:Seleksi pemeriksaan kesehatan (bagi yang lulus seleksi tahap I dan II)

Bagi peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang lulus seleksi Tahap I, Tahap II dan Tahap III.

  1. Prestasi Minat dan Bakat, meliputi :
  1. Bahasa Inggris
  2. Hafidz/Hafidzah Al Quran
  3. Olahraga atau Seni
  4. Prestasi unggulan lainnya

Seleksi PMDP berdasarkan Prestasi Minat dan Bakat dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu:

1)Tahap I:Seleksi berdasarkan kelengkapan berkas administrasi sesuai persyaratan
2)Tahap II:Seleksi berdasarkan nilai kumulatif dan prestasi
3)Tahap III: Seleksi pemeriksaan kesehatan (bagi yang lulus seleksi tahap I dan II)

(Bagi peserta yang diterima sebagai calon mahasiswa baru adalah mereka yang lulus seleksi Tahap I, Tahap II dan Tahap III).


4. SNMPN (SELEKSI NASIONAL MASUK POLITEKNIK NEGERI)


Jalur SNMPN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Dari tahun ke tahun jumlah politeknik peserta jalur penerimaan ini meningkat. Dan hingga tahun 2019 tercatat sejumlah 42 politeknik yang mengikuti seleksi ini. Tahun 2020 ini, istilah PMDK-PN berganti nama menjadi Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN). Meski terdapat perubahan penamaan, namun mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti PMDK-PN dan diikuti pula oleh 42 politeknik negeri se-Indonesia.

Pendaftaran calon peserta/Siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Informasi iengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SNMPN dapat diakses pihak sekolah melalui situs https://snmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya.

Baca juga:

5. PMB Bebas Testing PTKI (Politeknik Teknologi Kimia Industri)

Jalur undangan ini diperuntukkan kepada sekolah-sekolah yang telah dikirimkan/kunjungan oleh PTKI Medan dengan memberikan berkas undangan jalur bebas testing ke sekolah-sekolah. Dalam hal ini PTKI Medan mengundang sekolah untuk mengirimkan siswa yang berprestasi dan siswa tersebut berminat untuk melanjutkan sekolah di PTKI Medan

Kebanggan bisa lulus di PTKI melalui jalur testing, silahkan lihat di website mereka:

B. Jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer maupun Kertas 

1. UTBK SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah

SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC atau UTBK, atau kombinasi hasil ujian tulis dan/atau ujian keterampilan.

Persyaratan:

  • Pendaftaran
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 dan 2020 harus memiliki ijazah.
  3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2021 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah. Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.
  4. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.
  • Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C,lulus SBMPTN,sehat,dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Untuk melihat informasi lengkapnya boleh di cek di sini: https://ltmpt.ac.id/


Persiapkan diri dengan membahas soal-soal UTBK 2020 bisa di lihat di sini{

Baca Juga:

DOWNLOAD KUMPULAN SALINAN SOAL  TPS UTBK 2020 BIDANG KUANTITATIF   + PREDIKSI SOAL UTBK 2021


dan bahas soal-soal TPS yang sangat luar biasa di sini:

KUMPULAN SOAL SAT Berbahasa Inggris dari luar Negeri


2. SIMAMA POLTEKKES (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan)

Simama Poltekkes tidak ada bedanya dengan SBMPTN, karena jalur ini adalah sistimnya terpusat dimana seluruh poltekkes yang di Indonesia mengikuti dan mendaftarkan seluruh Prodynya di SImama Poltekkes untuk tergabung di dalam SIMAMA. Sehingga semuanya terpusat mendaftar seperti halnya UTBK. SIMAMA Poltekkes ini baru muncul di tahun 2020,sebelumnya sistem ujiannya adalah setiap poltekkes mengadakan namnya SIPENMARU. Sekarang terpusat. 
Boleh di cek di sini: http://simama-poltekkes.kemkes.go.id/

Baca Juga:


3. SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri)
SBMPN adalah salah satu jalur yang sangat menarik bagi para siswa yang senang dengan teknologi dimana peserta bisa mengikuti ujian tulis di berbagai Politeknik di Indonesia. Jalur SBMPN adalah jalur ujian tulis yang menitikberatkan pada hasil ujian siswa dengan jurusan Rekakayasa (IPA) dan Tata Niaga (IPS). Setiap tahun perserta SBMPN ini semakin meningkat.

Politeknik di Indonesia sangat lengkap, bisa di lihat di sini:

Baca Juga:

4. UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)
UM - PTKIN adalah Ujian Tulis bagi peserta yang mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Ujiannya sangat terbuka bagi yang beragama Islam dan yang boleh mengikuti hanya yang beragama Islam. Ujiannya terdiri dari TKD dan Kemampuan IPA dan IPS.

Berikut adalah ketentuan masuk di UM-PTKIN

  • Lulus tahun 2018, 2019 dan 2020 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2020 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  • Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  • Kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu :
    • Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman)
    • Tes Kemampuan Bidang IPA
    • Tes Kemampuan Bidang IPS
  • Ketentuan kelompok program studi, jumlah pilihan dan lokasi ujian adalah sebagai berikut:
    • Kelompok ujian peserta akan ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. Apabila peserta memilih prodi IPA di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPA atau jika peserta memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPS
    • Semua kelompok ujian (IPA/IPS) dapat memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi
    • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
    • Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia
  • Ujian hanya terdiri daru satu tipe ujian yaitu :

Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

 Info selengkapnya boleh di cek di sini:https://um-ptkin.ac.id/

Baca Juga:  Kumpulan Soal-soal  UM-PTKIN Terlengkap dari Tahun ke Tahun & Prediksi + Pembahasan 

5. Ujian Masuk PTKI (Politeknik Teknologi Kimia Industri)
PTKI adalah salah satu tujuan buat kalian yang mau memiliko hobby dalam Teknologi, Kimia dan Industri. Di PTKI setiap tahunnya membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur Umum ataupun JARVIS.PTKI hanya memiliki 3 jurusan yaitu Teknik Kimia, Teknik Mekanika dan Agrobisnis Kelapa Sawit.

Cek info lengkapnya di sini: https://ptki.ac.id/
 


C.Jalur Kedinasan
Salah satu jalur yang sangat banyak digemari siswa/i SMA adalah jalur Kedinasan, karena ketika sudah lulus di PTK ini akan menjadi ASN (Aparatur Sipil Negeri). Sangat luar biasa jika seorang siswa bisa lulus di sini dan menjadi kebanggan sendiri. Ada banyak PTK yang mempuanyai ikatan dinas , boleh di lihat di sini:


Banyak seklai siswa yang mecoba jalur ini karena tidak ada hubungannya antara jalur UTBK SBMPTN dengan kedinasan. Karena waktu ujiannya tidak  bersamaan. Jadi,bagi adik-adik yang sudah memang prepare sekali langsung tancap gas.

Silahkan persipan dengan cara mengikuti bimbel atau les privat agar semakin bisa dalam ujian. Tidak ada salah dalam mencoba tapi ukur kemampuan kamu ya.oke

D.Jalur Mandiri
Salah satu jalur untuk PTN bisa melalui jalur Mandiri, karena ini juga membuka peluang bagi siswa/i untuk mendaftar di PTN. Kenapa tidak, masih banyak juga calon mahasiswa yang tidak berkesempatan lulus di PTN mungkin gagal di UTBK ataupun di Ujian Kedinasan. Banyak Universitas membuka jalur mandiri setiap tahunya,dengan alokasi jatah maksimal 30%. Jadi,sangat banyak perekrutan dari jalur mandiri. Untuk itu, adik-adik harus terus bersiap untuk itu dengan cara berlatih lebih giat dan mengikuti bimbingan belajar.


Silahkan dilihat informasinya di website universitas masing-masing ya.

E. Jalur SMM BARAT
Satu lagi tidak ketinggalan jalur SMM BARAT yang diikuti beberapa Universitas di Indonesia dan terkadang berubah setiap tahun.
Program SMM PTN-BARAT 2020, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan data portofolio calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.


Demikianlah yang bisa saya berikan informasi tentang jalur-jalur yang bisa kalian tempuh untuk tahun 2021. Simak dengan baik ya.

No comments

Materi, Soal, dan Pembahasan Terlengkap – Persamaan Trigonometri Berbentuk a cos x + b sin x = c

Salam Para Bintang Pada materi sebelumnya, telah dipelajari persamaan trigonometri dasar . Nah, kali ini kita akan lanjutkan ke materi persa...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//