Berita Terbaru: Jadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021


Salam Para Bintang

Kabar gembira nih buat adik-adik siswa/i kelas XII baik SMA/MA ataupun SMK. Hari ini Ketua Pelaksana LTMPTN Budi Prasetyo telah mensosialisasikan pelaksanaan SNMPTN,UTBK dan SBMPTN 2021 melalui chanel youtube pada hari Sabtu, 12 Desember 2020. (sumber:chanel youtube LTMPT Official)

LTMPT telah menetapkan tiga jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2021. Jalur masuk PTN 2021 terbagi atas 3 jenis seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Kita akan coba kupas satu persatu-satu apa yang menjadi bahan untuk persiapan di tahun 2021. Simak dengan jelas ya !

Baca Juga:

Salinan Soal Asli UTBK 2020, Pelajari dengan baik hanya soal TPS

 

1. SNMPTN 2021

Untuk SNMPTN 2021, tidak terlalu berbeda jauh dengan tata cara SNMPTN 2020. yang tetap berfokus kepada prestasi unggul siswa/i SMA/MA/SMK yaitu melalui berdasarkan penelusuran prestasi akademik atau portofolio calon mahasiswa(siswa SMA/MA/SMK). Keikutsertaan siswa dalam SNMPTN tidak sepenuhnya bergantung kepada pihak sekolah melainkan prestasi unggul siswa.

Syarat siswa SMA/MA/SMK menjadi peserta SNMPTN 2021:

  1. Siswa memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. 
  2. Siswa memiliki NISN dan terdaftar dari PDSS. 
  3. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS. 
  4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. 
  5. Siswa harus memiliki akun LTMPT untuk bisa mengikuti seleksi masuk PTN, baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN. 

Selain syarat menjadi peserta SNMPTN 2021, kalian harus juga memperhatikan syarat yang diwajibkan kepada pihak sekolah ya. Apa-apa saja syaratnya ? Simak baik-baik !

Sekolah juga perlu memenuhi sejumlah persyaratan agar siswa terbaiknya bisa ikut SNMPTN 2021, yakni: 

  1. Memiliki NPSN. 
  2. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). 
  3. Jumlah siswa yang bisa didaftarkan ditentukan oleh akreditasi sekolah. 

Ketua LTMPT Mohamad Nasih mengimbau sekolah untuk segera melihat keterbaruan data di Pusdatin/ Dapodik sebelum 23 Desember 2020 terkait akreditasi maupun jumlah siswanya. "Kalaupun ada perbedaan, LTMPT akan kembali ke data Pusadtin atau Dapodik. Karena bapak ibu tidak dapat mengubahnya melalui LTMPT. Karena LTMPT tidak punya kewenangan untuk menentukan akreditasi

Berikut jadwal penting SNMPTN 2021:


Baca Juga:


2. UTBK-SBMPTN 2021

SBMPTN yang dilaksanakan di tahun 2021 yang akan datang masih tetap menggunakan pola yang sama dengan SBMPTN 2020 yaitu menggunakan ujian dengan sistem komputer yang lebih dikenal dengan UTBK yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer. Intinya peserta yaitu siswaSMA/MA/SMK lebih dahulu mengikuti yang namanya UTBK kemudian dapat mendaftarkan diri di SBMPTN dan memilih jurusan.

Bagaimana persyaratan peserta UTBK 2021? Simak secara baik-baik di sini !

Syarat Peserta UTBK 2021 yaitu:
  1. Memiliki Akun LTMPT. 
  2. Siswa SMA/ MA/ SMK Kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahu (per 1 Juli 2021). 
  3. Lulusan SMA/ MA/ SMK/ sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun. 
  4. Persyaratan peserta ujian: Peserta yang akan memilih prodi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek. Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Peserta yang akan memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum) maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum. 
  5. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021. 
  6. Membayar biaya UTBK 2021. 
  7. Untuk kelompok Ujian Saintek atau Ujian Soshum membayar Rp 200.000 dan kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) sebesar Rp 300.000.


Baca Juga;

Setelah kamu mengikuti UTBK 2021, maka kamu selanjutnya akan mengikuti SBMPTN 2021 yaitu memilih prodi yang kamu inginkan. Berikut persyaratannya:


Syarat perserta SBMPTN 2021 yakni:
  1. Siswa SMA/ MA/ SMK/ sederajat lulusan tahun 2019, 2020 harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan. 
  2. Mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021. 
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. 
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio


Satu lagi informasi yang tidak kalah penting untuk adik-adik ketahui yaitu materi ujiannya. Bagaimana sih materi yang diujiankan untuk UTBK 2021?Apakah sama dengan UTBK 2020? Pastinya ada perubahan kembali yaitu tidak sama dengan UTBk 2020 yang hanya mengunakan Ujian TPS saja. Nih, catat materinya ya !



Materi UTBK 2021 terbagi menjadi dua, yakni :
  • Tes Potensi Skolastik (TPS) 
TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris.
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA). 
TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). 

Baca Juga: 

2 comments:

INFORMASI PENDAFTARAN SISWA-SISWI BARU DI BIMBINGAN BELAJAR STAR ED TAHUN 2021/2022

Hai semua calon pemilik masa depan.... Salam Para Bintang Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang pentingnya...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//