DEFENISI,PRINSIP DASAR,TUJUAN PENILAIAN PORTOFOLIO + JUKNIS + DAFTAR DAERAH 3T UNTUK SIMAMA POLTEKKES 2020


Salam Para Bintang
Dengan adanya keputusan baru di tengah situasi di Indonesia maka poltekkes kemenkes menganti sitem ujian tulis menjadi ujian Portofolio.
Masalah baik dan tidak baiknya ini,adalah sesuatu keputusan yang memang harus dipilih dengan mempertimbangkan segala resiko.

Untuk kita berharap semoga badai virus corona ini cepar berlalu di tahun 2020 ini.

Supaya situasi ini tidak menjadi berkepanjangan yang banyak membuat berbagai hal terbengkalai khususnya SIMAMA POLTEKKES 2020.

Karena sekarang sudah menggunakan ujian dengan ,maka sayapenilaian portofolio akan coba jelaskan sedikit tentang portofolio.Semoga ini bisa bermanfaat bagi adik-adik yang mau mengikuti ujian poltekkes 2020.

Penilaian Portofolio adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan cara menilai hasil karya peserta  didik  yang  berupa  kumpulan  tugas,  karya,  prestasi  akademik/non  akademik,  yang dikerjakan/dihasilkan peserta  didik.

Contoh :



  1. Rapot Akademik,
  2. Surat Akreditasi Sekolah
  3. Prestasi non Akademik dengan berbagai karyam  karangan,  puisi, surat,  lukisan, laporan  penelitian, laporan kerja kelompok, sertifikat atau tanda penghargaan yang pernah diterima oleh peserta didik.  
  4. Atau juga prestasi akademik,misalnya juara olimpiade bidang Kumpulan sains dan  teknologi.
Hal inilah yang menggambarkan  minat,  perkembangan,  prestasi  dan  kreativitas  peserta didik pada satu periode tertentu dan ini menjadi sumber informasi bagi penilai dalam menentukan seuatu keputusan.

Penialian portofolio   bukan sekadar  kumpulan  hasil  kerja  siswa,  melainkan  kumpulan  hasil kerja  siswa  dari  kegiatan  yang  sengaja  diperbuat  siswa  untuk  menunjukkan  bukti  tentang kompetensi,  pemahaman,  dan  capaian  siswa  terhadap  kompetensi  dalam  mata  pelajaran tertentu.    Portofolio  juga  merupakan  kumpulan  informasi  yang  perlu  diketahui  oleh  guru sebagai  bahan  pertimbangan  dalam  menentukan  langkah-langkah  perbaikan  pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa.


Dalam portofolio penilai juga harus memperhatikan prinsip-prinsip dasar yang sangat penting yaitu:
1. Mutual Trust
2. Confidentiality
3. Joint Ownership
4. Satisfaction
5. Coherence

Bisa dilihat penjelasannya di video ini: 






Berikut Petunjuk dan Teknik Penilaian Portofolio SIMAMA POLTEKKES 2020.



Berikut Daftar Daerah Asal setiap Proinsi di Indoonesia sebagai syarat Penilaian Portofolio SIMAMA POLTEKKES 2020.

Semoga bermanfaat buat kita semua Silahkan dibagikan dan jangan lupa lihat terus upadate info di chanel ruang para bintang.


2 comments:

  1. Kak izin tanya, berarti kalo buat poltekkes bandung itu pake tes kak? Bukan portofolio

    ReplyDelete
  2. saya ingin bertanya masalah nilai raport utk pengisian portofolio, saya salah memasukkan nilai, yang seharusnya nilai matematika umum tetapi saya memasukkan nilai matematika peminatan, apakah itu bisa diperbaiki?
    Bagaimana cara memperbaiki input nilai yang salah?

    ReplyDelete

Materi, Soal, dan Pembahasan Terlengkap – Persamaan Trigonometri Berbentuk a cos x + b sin x = c

Salam Para Bintang Pada materi sebelumnya, telah dipelajari persamaan trigonometri dasar . Nah, kali ini kita akan lanjutkan ke materi persa...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//