KENAPA BANYAK KONSEP MATEMATIKA ITU TERBUNUH OLEH CARA-CARA CEPAT ? ADA APA SEBENARNYA ?

Hai semua....
Salam Para Bintang,

Lama tidak menulis artikel di blog ini ya sobat para bintang.
Saya akan menuliskan tentang sesuatu yang selama ini mengganjal dan menjadi permasalahan di dalam kelas. Kenapa siswa sangat susah untuk memahami pelajaran Matematika ya? Bagaimana menurut kalian, apakah gurunya yang salah dalam mengajar, atau siswanya yang tidak memberikan hati untuk terus belajar dan untuk memahami matematika itu apa sebenarnya?

Kenapa banyak siswa saat ini tidak mengerti  Konsep Matematika ? Siswa/siswi mulai dari SD, SMP dan SMA sebenarnya sudah harus telatih dengan konsep-konsep dasar Matematika sekolah. Tapi, realita yang ditemukan di lapangan selalu hampir secara menyeluruh itu adalah kurang baik. Minat siswa sangat kurang untuk belajar Matematika, apakah ada pengaruh seorang guru yang mengajar ?
Mungkin iya dan mungkin tidak menurut saya. Lebih banyak siswa mengatakan ada pengaruh dari guru. Saat ini, ketika siswa terutama siswa yang sudah berada di tingkat SMA itu sangatlah sulit memahami pelajaran matematika. 

Setiap kali ditanya, kenapa kamu tidak suka Matematika, jawabanya adalah aku gak suka nengok guru Matematika saya dulu waktu SMP, jadi malas deh belajarnya. Inilah fakta yang  ditemukan saat ini. Adakah sesuatu yang salah dalam kerangka berpikir ini?
Mari kita instropeksi diri masing-masing sebagai guru dalam mengajar.

Baca juga: 
Ingin lihat pembahasan soal-soal Ujian Masuk SMA-SMA PLUS dan SOAL Kedinasan, Ujian Masuk PTN , Politeknik, Ujian Nasional : Kunjungi Chanel Youtube:
Jibang Pardamean Hutagaol

Nah, itu hanya sekilas saja ya. Saya tidak akan terlalu membahas hal tersebut. Semoga kita sebagai guru terus menjadi yang terbaik dalam mengajar dan akan selalu inovatif dalam belajar dan mendidik.

Siswa tingkatan SMP, SMA saat ini sangat senang dengan konsep yang instan dan cepat istilah sekarang Rumus Magic. Mereka lebih cepat mengerti dengan cara-cara yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga belajar di luar sekolah seperti bimbingan belajar. Menurut saya, ini adalah hal yang sangat salah. Kenapa saya mengatakan demikian ?

Begini, siswa yang cerdas adalah orang yang bisa berpikir bahwa pengembangan dalam matematika itu adalah sesuatu yang wajar dengan tidak melupakan konsep-konsep dasar dan aturan-aturan yang berlaku dan tidak melompati  berbagai materi yang belum ada landasanya bisa masuk ke konsep materi yang lain sebelum dipelajari.

Siswa saat ini, hanya terfokus dengan konsep cepat. Padahal sebenarnya kesukaan siswa dengan rumus cepat ini adalah hafalan. Sehingga siswa hanya terfokus dengan berbagai soal. Karena biasanya tidak semua soal memiliki rrumus cepat. Jadi sebagai siswa sebenarnya harus bisa menfiltrasi semua cara-cara cepat yang ada agar dapat menjadi lebih baik.


Ingat, semakin kalian terfokus dengan rumu-rumus cepat maka kamu akan beribu-ribu kali kehilangan konsep dan kerangka berpikir dalam penyelesaian soal-soal.

Rumus cepat dapat diperlukan kalau teori dasar sudah dipahami dan memudahkan kalian melanjutkan apa yang ditawarkan dalam rumus cepat tersebut. Intinya, Rumus cepat sangat baik terhadap orang-orang sudah paham konsep dasar. Kepentingannya sangatlah besar. Hubungannya adalah sangat inti. untuk itu, saya menyarankan kepada siswa/i semua agar jangan selalu berpatokan dengan rumus-rumus cepat,karena sebenarnya kamu sudah semakin jauh ketinggalan dalam belajar, konsep dasar akan kalian lupakan. 
Sekian dulu yang dapat saya sampaikan,semoga ini bisa membuka wawasan kita, bahwa keberadaan rumus cepat harus dibarengi dengan konsep dasar. Jangan pernah memulai sesuatu dengan buru-buru jika tidak mengerti dasarnya, fatal akibatnya....
Semoga bisa bermaanfaat untuk kita semua, semoga sukses dan semakin memaknai arti konsep dasar. Sukses selalu. Salam Para Bintang.

No comments

Hasil Ujian Semester Genap T.A 2018/2019 Siswa Kelas X SMA Brigjend Katamso 1 Medan

Hasil Ujian Semester Genap T.A 2018/2019 Siswa Kelas X SMA Brigjend Katamso 1 Medan  Medan ------Sehubungan dengan sudah dilaksanak...

Powered by Blogger.