Apa itu Remedial? Pahami Pengertian Dasar Remedial !


Salam para bintang

Kali ini admin akan membahas sedikit tentang ''remedial'', masih banyak saat ini yang salah pemahaman tentang remedial ini baik dari guru, siswa maupun orang tua. Setiap ada ujian kemungkinan besar akan dilaksanakan yang namanya remedial. Jadi, sebenarnya apa sih remedial tersebut?

DEFENISI REMEDIAL

remedial/re·me·di·al/ /rĂ©medial/ a 1 berhubungan dengan perbaikan: pengajaran -- , pengajaran ulang bagi murid yang hasil belajarnya jelek; 2 bersifat menyembuhkan.

Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran
Kegiatan remedial adalah kegiatan yang ditujukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran. Sesuai dengan pengertiannya, tujuan kegiatan remedial ialah membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku.
Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, fungsi kegiatan remedial adalah:
  1. memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru (fungsi korektif);
  2. meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan dirinya (fungsi pemahaman);
  3. menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa (fungsi penyesuaian);
  4. mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran (fungsi akselerasi); dan
  5. membantu mengatasi kesulitan siswa dalam aspek sosial-pribadi (fungsi terapeutik).
Perbedaan kegiatan remedial dari pembelajaran biasa terletak pada pendekatan yang digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan remedial direncanakan dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan individu atau kelompok siswa. Sedangkan pembelajaran biasa menerapkan pendekatan klasikal, baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.
Kegiatan remedial dapat dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang diduga akan mengalami kesulitan (preventif); setelah kegiatan pembelajaran biasa untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar (kuratif); atau selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran biasa (pengembangan).
Dalam melaksanakan kegiatan remedial guru dapat menerapkan berbagai metode dan media sesuai dengan kesulitan yang dihadapi dan tingkat kemampuan siswa serta menekankan pada segi kekuatan yang dimiliki siswa.
Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam kegiatan remedial adalah:
  1. analisis hasil diagnosis kesulitan belajar,
  2. menemukan penyebab kesulitan,
  3. menyusun rencana kegiatan remedial,
  4. melaksanakan kegiatan remedial, dan
  5. menilai kegiatan remedial.
Jadi, intinya kegiatan remdial bukan semata-mata menuntaskan nilai dari pada siswa di atas KKM. Terkadang banyak salah kaprah tentang ini. Misalnya siswa mengikuti remedial yang diberikan guru dan siswa tersebut mengikuti. Siswa tersebut beranggapan bahwa nilainya sudah pasti TUNTAS atau di atas KKM. Tidak, itu salah konsep ya. Nah, semoga penjelasan di atas bisa dipahami. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Salam para Bintang

BAGI PARA SISWA SMA BRIGJEND KATAMSO YANG INGIN MELIHAT HASIL UJIANNYA DAN JADWAL REMEDIAL SILAHKAN LIHAT DI SINI:


HASIL UJIAN SEMESTER KELAS X IPA 2 SMA BRIGJEND KATAMSO MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

No comments

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//