8 SMA PLUS/UNGGULAN DI SUMATERA UTARA,PILIHAN UNTUK ADIK-ADIK KELAS 9 SMP

SMA PLUS/UNGGULAN DI SUMUT. Saat ini, sangat wajar siswa/i tingkat sekolah menengah Pertama untuk menemukan dan mencari SMA terbaik untuk dirinya. Khususnya buat orang tua yang ingin anknya menjadi anak yang sangat disiplin dan bertanggung jawab maka anak tersebut haruslah dibimbing agar menjadi mandiri dan mempunyai masa depan yang sangat luar biasa. Untuk itu, bukan cara yang mudah menemukan tempat sekolah untuk mereka ini.

Nah disini, saya akan sharing tentang 8 sekolah terbaik yang ada di Sumatera Utara yang bisa menjadik pilihan orang tua dan adik-adik kelas 9 SMP. Kenapa harus sekolah-sekolah ini ? Yang pasti punya kelebihan ya.....

Sekolah ini adalah sekolah PLUS atau dalam artian adalah sekolah Unggul di Sumatera Utara yang hampir alumninya sudah banyak yang berhasil. Kenapa mereka banyak berhasil???

o............o tentu ada caranya ya?
bagaimana?

Nah,siswa-siswi yang masuk disekolah ini adalah melalui jalur Tes bukan langsung masuk seperti sekolah yang lain. Setelah mereka masuk, mereka akan ditempatkan di asrama yang mengikuti kewajiban melaksanakan peraturan asrama setiap hari. Jadwal sudah ditentukan setiap hari, dan mereka menjadi siswa/i yang sangat disiplin. Setiap waktu mereka hanya belajar dan berlatih di asrama agar lulus di perguruan tinggi negeri. Itulah target mereka....

apakah orang tua dan adik-adik kelas 9 smp berminat??

Ingin lihat pembahasan soal-soal Ujian Masuk SMA-SMA PLUS: Kunjungi Chanel Youtube:
Jibang Pardamean Hutagaol

Nah, sekarang saya akan berikan informasi tentang sekolah-sekolah tersebut, ini dia.

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TERBAIK DENGAN ASRAMA DI SUMATERA UTARA


1. SMA PLUS RAYA PMS, PEMATANG RAYA,KABUPATEN SIMALUNGUN

Logo PMS

Partuha Maujana Simalungun (PMS) sebagai Lembaga Pemangku adat dan Cendekiawan Simalungun tentu saja merupakan organisasi panutan dalam menentukan berbagai arah yang berkaitan dengan kepentingan Etnis Simalungun. Partuha Maujana Simalungun didirikan di Jakarta tahun 1960, yang bertujuan untuk menjadi wadah kaum cendikiawan Suku Batak Simalungun dan memiliki motto Habonaron Do Bona, yang berarti kebenaran adalah awal. Berlandaskan kebenaran dan kejujuran dalam melakukan segala sesuatu itu adalah motto hidup orang-orang Simalungun dimanapun berada. Ketua Presidium Partuha Maujana Saat ini adalah DR. Jopinus Ramli Saragih, SH, MM (Bupati Simalungun)
JR Saragih

Dewasa ini Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah sedang berupaya mencari alternatif bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya dengan cara meningkatkan peran masyarakat untuk untuk turut serta meningkatkan kualitas pendidikan.

Sebagai sekolah negeri, Maka SMA N 1 Pamatang Raya menyelenggarakan pendidikan sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku bagi SMA negeri. Partisipasi PMS berfungsi sebagai komplementer bagi pencapaian tujuan pendidikan secara optimal dalam bidang kurikuler dan institusional dengan mengikat perjanjian kerjasama antara Dinas Pendidikan Sumatera Utara dengan PMS. Inilah yang mendasari berdirinya SMA Plus Partuha Maujanan Simalungun. Ketua Pengelola SMA Plus PMS Saat ini adalah Drs. Johalim Purba (Ketua Komisi III DPRD Simalungun)

Proses terbentuknya SMA PLUS PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN berdasarkan keputusan-keputusan sebagai berikut:
  1. Kesepakatan Harungguan Bolon IV PMS tanggal 25 – 26 Maret 1994 di Pematang Siantar.
  2. Keputusan RPL PPMS tanggal 14 April 1994 di Pematang Siantar.
  3. Hasil pertemuan PPMS dengan tokoh masyarakat Simalungun Jakarta pada tanggal 11 Juli 1994 di kantor PT SARDO Jakarta. 
  4. Hasil Forum Konsultasi Peningkatan Pembangunan/SDM dan pendirian SMA Plus di Simalungun yang  disajikan oleh Drs. Djabanten Damanik dan Drs. Salmon Sinaga pada seminar yang diadakan APRJ  Jakarta.
  5. Persetujuan bersama masyarakat Simalungun pada pegelaran budaya Semalam di Simalungun pada tanggal 28 November 1994 di Istora Senayan Jakarta.
  6. SMA Plus berdiri secara operasional pada tahun ajaran 1995/1996.
SMA PLUS PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN memiliki visi yaitu:

Menjadikan SMA Plus PMS Menjadi Pusat Kecemerlangan Pendidikan Nasional dengan Falsafah Habonaron do Bona”

Foto bersama siswa/i SMA Plus Raya


SMA PLUS PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN memiliki tujuan yaitu:
1.      Peningkatan mutu pendidikan di Simalungun
2.      Kelulusan di PTN Favorit 70% - 100%
3.      Kelulusan di sekolah – sekolah kedinasan
4.      Karakter siswa yang baik dan berdisiplin tinggi
5.      Kesehatan jasmani dan roahni siswa yang baik
6.      Meringankan beban orangtua siswa yang kurang mampu.

SMA Negeri 1 Pamatang Raya bertanggungjawab memberikan pendidikan formal sebagaimana tanggungjawabnya sebagai SMA negeri. PMS bertanggungjawab sebagai komplementer untuk mencapai kemaksimalan pencapaian siswa.


SMA PLUS PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN memiliki memberikan fasilitas dan teknik bagaimana masuk SMA PLUS PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN

1.   Seleksi
  1.  Test Akademis
  2.  Test Kesehatan
  3.  Psikotest
  4.  Test Kesemaptaan
      Peserta test adalah siswa berprestasi yang mendapat rekomendasi dari SMP asal.
2.   Asrama tempat tinggal dan pembinaan siswa.

3.   Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan ekstra siswa.

SMA Negeri 1 Raya

Alamat Sekolah:
Jalan Sutomo No.68A, Sondi Raya, Raya, Simalungun, Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21162

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran:
 


2. SMA PLUS YAYASAN SOPOSURUNG BALIGE, KABUPATEN TOBA SAMOSIR
Logo SMA YASOP

SMA PLUS YASOP BALIGE terbentuk karena dorongan semangat berbakti yang muncul karena keprihatinan terhadap kualitas hidup masyarakat di Tano Batak, dan rendahnya mutu kualitas di kawasan tersebut. Sehingga peningkatan kualitas pendidikan menjadi pilihan dan menjadi ujung tombak bagi penyelesaian masalah kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan daya saing kaum muda di Bonapasogit hanya dapat dicapai bila terdapat satu sarana pendidikan yang mampu menjadi wadah pembentukan siswa berkarakter unggul, baik dalam bidang akademis maupun kepribadian yang dijiwai disiplin tinggi. 


Untuk mencari mitra strategis yang mampu mengatasi tantangan yang ada, Yayasan Soposurung memutuskan untuk bekerjasama dengan Pemerintah. Bentuk kerjasama dituangkan dalam satu perjanjian kerjasama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Yayasan SOposurung No.7184/105/7/91.1  NO 91116/YYS/X/VL tanggal 10 Oktober 1991. Perjanjian kerjasama ini mengatur antara lain lingkup tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak. Depdikbud bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan, pengadaan sarana prasarana dan sumber daya pendidikan lainnya, menurut kemampuan anggaran yang tersedia dan penyediaan tenaga pendidik pada sekolah sasaran, sebagai layaknya sekolah negeri.  

Visi Pendirian Asrama Yayasan Soposurung adalah:
  1. Dibutuhkan peningkatan kualitas sumber daya manusia secara komprehensif.
  2. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibutuhkan pendidikan yang berkualitas pula.
  3. Pendidikan yang berkualitas menyangkut pembentukan sumber daya manusia yang punya integritas pribadi dan menguasai ilmu pengetahuan berskala nasional maupun global.  

Misi:
  1. Melahirkan siswa/siswi yang memiliki disiplin kuat, cerdas, berkarakter unggul dan berbudi luhur.
  2. Mendidik siswa/siswi berprestasi akademis tinggi dan memiliki daya saing akademis tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Melahirkan siswa/siswi yang memiliki jiwa kebangsaan dan cinta tanah air serta berbuat untuk Bonapasogit (kampung halamannya)
Pendiri YASOP Balige
Profil TB. Silalahi
TB Silalahi lahir di Pematang Siantar 17 April 1938. Setelah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Soposurung, Balige, beliau sempat kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) selama satu tahun (1957). Tahun 1958 , beliau pindah ke Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang, pendidikan di AMN diselesaikannya pada tahun 1961.

Pengabdian di bidang militer diawali sebagai Danton Yonkav 4 Siliwangi dalam operasi Kamdagri di Jawa Barat (1962), Wadanki dalam operasi Kamdagri di Sulawesi Selatan 1963-1965 bersamaan dengan operasi Dwikora. Pernah ditugaskan antara lain sebagai Danyonkav 8 Tank Kostrad (1972), ke Timur Tengah sebagai Pasukan PBB pada Perang Oktober 1973 antara Israel dan Mesir sebagai Camp Commandant UNEF Middle East di Kairo, Dosen Sesko-AD (1974), Asops Kasdam XVI Hasanuddin di Ujung Pandang (1978), Kasdam IV Diponegoro (1984), dan Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) tahun 1986, dengan pangkat Mayor Jenderal TNI.

Sejalan dengan penugasannya, TB Silalahi, memanfaatkan waktunya dengan mengikuti pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung sampai Sarjana Muda (1968) dan meraih Strata 1 pada Sekolah Tinggi Hukum Militer dengan predikat Cumlaude (1995). Atas prestasinya antara lain di bidang pemerintahan dan sosial, ia beroleh penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Gregorio Araneta, 8 Agustus 1996, di Manila, Filipina.

Karir Militernya dilanjutkan dengan tugas karya sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertambangan dan Energi (1998). Pada Masa Pemerintahan Presiden Soeharto (1993), beliau mendapat kepercayaan menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan pangkatnya dinaikkan menjadi Letnan Jenderal TNI. 

Tahun 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengangkat TB Silalahi menjadi Penasihat Presiden yang kemudian di tahun 2006 menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah dan pada tahun 2007 diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden dalam bidang Keamanan dan Pertahanan.


Fasilitas Asrama YASOP:
  1. Ruang belajar
  2. Asrama Putra dan Putri
  3. Laboratorium
  4. Sarana Olahraga
  5. Buku
  6. Ruang study centered
  7. Ruang tamu
  8. Fasilitas kesehatan
  9. Aula
  10. Perpustakaan
  11. dll

Foto bersama siswa/i SMA Yasop di Asrama
Kegiatan/aktivitas siswa/i Yasop antara lain:  
Aktivitas siswa/i yang rutin dari setiap hari senin s/d Minggu itu sudah terjadwal rapi mulai dari bangun pagi, senam pagi, Pembersihan, Merapikan     ruangan, Apel Makan Pagi, Makan Pagi, Merapikan ruangan/ PBB, Apel pagi, Berangkat ke sekolah, Belajar di sekolah, Pulang dari sekolah, Apel Makan Siang, Makan siang, Power Nap, Apel siang, Ekstrakurikuler jam I, Break,  Ekstrakurikuler jam II, Mandi sore, Pembersihan, Apel Makan Malam, Makan malam, Belajar wajib, Apel malam, menonton berita, Belajar wajib, Istirahat, Ibadah, dll.

Kegiatan ekstrakulikuler yang diikuti siswa juga banyak yaitu olahraga, kesenian dan budaya,english clas & english day, pelatihan soal-soal PTN, Lab Bahasa, dan komputer.

SMA Negeri 2 Yasop Balige
Alamat Asrama:
Jl. Dr. Adrianus Sinaga No.1, Soposurung, Balige, Hinalang Bagasan, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22312Phone:(0632) 21496

Informasi lebih lanjut:
kunjungi: www.yasop.org

Informasi Pendaftaran:






3. SMA PLUS MATAULI PANDAN, TAPANULI TENGAH
sumber: http://tapteng-sibolga.blogspot.com
SMA Negeri 1 (Plus) Matauli Pandan merupakan sekolah negeri yang pengelolaannya bekerjasama dengan yayasan Maju Tapian Nauli (MATAULI). Hal ini berdasarkan perjanjian kerjasama antara Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara dengan Yayasan Maju Tapian Nauli tentang Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Menengah Umum Nomor : 835/I05/A/94.1/03/PKS/III/1994. SMA Negeri 1 (Plus) Matauli Pandan telah mendapatkan setifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2008 yang menjadi pedoman penyelenggaraan sistem  manajemen sekolah. Proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia berbasis Teknologi Informasi didukung oleh Sistem Informasi Manajemen Paket Aplikasi Sekolah. 

Mulai tahun 2012 SMA Negeri 1 (Plus) Matauli Pandan dipercaya menjadi sekolah penyedia layanan data berbasis IT seluruh SMA di Kabupaten Tapnuli Tengah oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Studi ini merupakan kasus sekolah unggulan khususnya di SMU Negeri 1 Matauli Tapanuli Tengah, Sumatra Utara. Kajian diarahkan pada pengelolaan sekolah. Responden penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru, Siswa, BP3, dan pengurus asrama. Untuk mendapatkan informasi tambahan pejabat Kanwil Dikbud juga disertakan sebagai responden terutama untuk memperoleh informasi mengenai kebijakan tentang sekolah plus. Data dikumpulkan melalui angket, daftar isian, wawancara dan observas lapangan . Analisis dilakukan menggunakan analisis kualitatif dengan melihat input, proses, dan out put pendidikan.


SMA Negeri 1 Matauli Pandan didirikan pada tahun 1994 oleh Bapak Pendiri, Pembina dan Pelindung SMA Negeri 1 Matauli Pandan, yaitu:
Akbar Tanjung sumber : https://id.wikipedia.org
 
Feisal Tanjung ; sumber : https://nasional.tempo.co

  • 1. Jend. Purn. Feisal Tanjung
  • 2. DR. Ir. Akbar Tandjung

Para pendiri lainnya adalah :

  1. Masdulhak Simatupang
  2. Rinto Harahap
  3. Zarlons Zaghlul Pasaribu, SH
  4. Mesri Pasaribu
  5. Drs. Chuzairin Pasaribu

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Matauli Pandan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan juga kegiatan siswa lainnya. Fasilitas tersebut antara lain: kelas, laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Multimedia,Ruangan Bahasa Inggris, Pojok Jerman,Ruangan Bahasa Jepang, Ruangan Ujian CBT, Ruang Penggandaan, Ruang seni 2, Aula, Gymnasium, Kolam Renang Olympic Size,Lapangan [[Upacara]],Lapangan Apel, Lapangan Sepak bola, Lapangan Volly, Lapangan Basket, Mesjid Matauli, Musholla, Mess, Asrama Siswa, Ruang advice, Ruang Operasional, Kantor guru, Ruangan Karyawan, Galeri 3R ( reduce,recycle,reuse ), UKS, Poliklinik, ATM, Rumah Kompos, Asrama untuk Unggulan B Tapteng, Tribun, Taman Adiwiyata.
sumber: http://dangstars.blogspot.com



SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah:
  • PASSUS (Pasukan Khusus) Pasukan Pengibar Bendera
  • Pramuka
  • Pecinta Alam (PA)
  • Olahraga( Bola Voli, Bola Basket, Karate, Sepak Bola, Bola Takraw,Tenis Meja, Tenis Lapangan, Silat)
  • Kesenian (Seni Musik, Seni Tari, Marching Band Gita Chendekia)
  • Liga Film Siswa (LFM)
  • Pidato Bahasa Jerman
  • Pidato Bahasa Jepang
  • Pidato Bahasa Inggris
  • Lembaga Pers Siswa - Redaksi Matriks
Alamat Sekolah:
Jl. KH. Dewantara, Sibuluan Indah, Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara 22538
Informasi lebih lanjut dan Pendaftaran : 



4. SMA NEGERI 2 PLUS SIPIROK, TAPANULI SELATAN
SMA 2 Plus Sipirok, http://referensi.data.kemdikbud.go.id
Pada sejarahnya, Sumatera Utara Khusus Tapanuli Selatan banyak melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa dan tokoh-tokoh Nasional, namun pada kenyataan yang ada pada tahun 1994 berdasarkan masukan Bapak Alm.Prof.dr.Andi Hakim Nasution yang pada saat itu adalah Rektor IPB, hanya 4 (empat) orang siswa yang diterima di IPB pada tahun tersebut yang berasal dari Tapanuli Selatan dan data yang ada pada Tahun1994 menunjukkan mutu Pendidikan Tapanuli Selatan berada pada urutan ke 2 (dua) terendah setelah Nias. Ditambah lagi dalam dua dekade terakhir lulusan SMA Tapanuli Selatan sangat jarang yang lulus ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN), bahkan semakin tidak ada pada tahun-tahun terakhir. Keadaan tersebut tentu tidak dapat dibiarkan apalagi dikaitkan dengan sasaran Pembangunan Nasional Jangka Panjang Kedua, yaitu Terciptanya kualitas manusia dan kualitas masyarakat Indonesia yang maju dan mandiri.
Kelemahan anak didik terletak pada kurangnya pemahaman dan penguasaan ilmu-ilmu yang pernah dipelajarinya, sehingga bekalnya sangat kurang untuk melanjutkan studi atau terjun ke masyarakat.Kelemahan bersumber pada faktor-faktor internal dan eksternal pendidikan. Faktor Internal meliputi tenaga pendidikan dan kurangnya sarana prasarana Pendidikan. Faktor Eksternal meliputi semangat belajar yang semakin melemah dilingkungan masyarakat luas.

Seiring dengan hal ini maka Bapak Alm. Letjen.H.Raja Inal Siregar memprakarsai pertemuan dengan beberapa tokoh yang memiliki kepedulian terhadap Pendidikan di Kabupaten Tapanuli Selatan untuk bermusyawarah mencari solusi permasalahan dimaksud. Ha
Raja Inal Siregar, https://id.wikipedia.org
silnya diambil salah satu

Pembangunan fisik sarana prasarana sekolah dimulai pada tahun 1994 di areal ± 10 Ha dan dengan pertimbangan untuk peningkatan mutu pendidikan serta iman dan taqwa siswa maka lokal sekolah menyatu dengan asrama siswa dengan kapasitas 360 siswa, rumah guru 36 pintu serta sarana Ibadah dan Olah Raga.



Pada tahun 1995 sudah dimulai proses penerimaan siswa yang mana pelantikan Angkatan Pertama siswa baru pada bulan Juli 1995 dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara Bapak Alm.H.Raja Inal Siregar.

Kepala sekolah pertama SMA NEGERI 2 Plus Sipirok adalah Bapak Alm.H.M.Syarif Nasution yang bertugas hingga tahun 1997, sebelumnya beliau adalah Kepala Sekolah SMA N1 Medan.

Untuk peningkatan proses belajar mengajar dilakukan pembenahan secara terus menerus terhadap kelengkapan sarana prasarana yang mendukung terhadap proses tersebut. Saat ini seluruh kelas telah dilengkapi Infocus dan Laptop sebagai kelengkapan mengajar para guru dan pengembangan sarana Laboratorium Biologi,Kimia,Fisika,IT dan Multimedia serta Laboratorium Bahasa.
profil siswa, http://belantarakhatulistiwa.blogspot.com
Disamping itu sekolah telah memiliki Web Site dan komplek kampus dilengkapi dengan Wifi untuk mendukung program E-learning. Berdasarkan penilaian dengan pengujian oleh BAN tingkat Provinsi maka SMA NEGERI 2 Plus Sipirok ini memperoleh akreditasi A pada tahun 2006 dan tahun 2010.Seiring dengan perkembangan kini SMA NEGERI 2 Plus Sipirok dalam proses Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sejak tahun 2006.


Informasi lebih lanjut:



5. SMA UNGGUL DEL, LAGUBOTI TOBA SAMOSIR

Logo SMA DEL, https://id.wikipedia.org
Tahun 2015 adalah merupakan tahun pertama SMA Unggul Del meluluskan siswanya. Siswa angkatan I berjumlah 108 orang dinyatakan 100% Lulus Ujian Nasional dengan nilai yang sangat baik dan 98% lulus diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia.
Sekolah Unggul untuk para unggulan (Noble School for noble winner) yang diberikan oleh Pendiri Yayasan Del Bapak Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.PA kepada sekolah ini dapat diwujudkan berkat kerjasama yang baik (Team Work) dari seluruh stake holder sekolah.
MarTuhan , Marroha, dan Marbisuk adalah Trilogi yang selalu dikembangkan dalam seluruh aspek kehidupan siswa dan pemangku sekolah hal ini dimaksudkan bahwa siswa dan pemangku kepentingan sekolah terlebih dahulu harus takut akan Tuhan, memiliki hati yang baik dan pada akhirnya ditopang oleh kecerdasan intelektual sehingga mampu mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya, selain budaya tersebut budaya prestasi dan unggul merupakan salah satu budaya yang terus dikembangkan dalam seluruh aspek sekolah. Hal ini telah dibuktikan dengan dicapainya prestasi prestasi pada berbagai kegiatan lomba sejak tahun 2012 sampai sekarang. Pada tahun 2015, SMA Unggul Del kembali berhasil mengirimkan satu orang siswa terbaiknya untuk melanjutkan pendidikan di Sussex Hastings College Schools di United Kingdom England yang bekerjasama dengan Pestalozzy Foundation.

Luhut Binsar Panjaitan; https://id.wikipedia.org
Berkat hadirnya Bapak Jenderal TNI (Purn.) Luhut B. Pandjaitan mendirikan Yayasan Simargala pada tanggal 30 Agustus 2001 di Jakarta. Simargala adalah nama desa kelahiran beliau di Huta Namora, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Pendirian Yayasan Simargala dilandasi oleh keinginan luhur untuk meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat perdesaan yang kurang tersentuh pembangunan. Tekad yang kuat untuk berpartisipasi pada program pemerintahan dalam bidang pendidikan, sosial, kemanusiaan, seni dan budaya, dan kelestarian lingkungan.
Masih pada tahun 2001, karena pertimbangan nama yang bersifat lokal, Yayasan Simargala diubah menjadi Yayasan Del. Kata “Del” berasal dari usulan salah satu anggota Yayasan untuk menggunakan istilah “Del”, yang mengandung arti “pemimpin yang selalu berada selangkah lebih maju”. Yayasan Del adalah organisasi nir laba yang didirikan untuk membawa perubahan dan pembaharuan bagi individu dan juga masyarakat.

Foto bersama Siswa/i SMA DEL; https://smaungguldel.wordpress.com/
VISI YAYASAN DEL

“Menjadi lembaga selangkah lebih depan dalam pengembangan talenta manusia yang memberikan kontribusi berarti pada inovasi teknologi dan keberlanjutan sosial”. (Becoming one-step-ahead Institution in the development of human talent that gives meaningful contribution to technological innovation and social sustainability)



Misi Yayasan Del

“Mengotimalkan manusia paripurna dan memberdayakan masyarakat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa”. (To optimize human completely and to empower community in nurturing the nation’s intellectual life)



Tujuan Yayasan Del adalah untuk menyediakan akses pendidikan berkualitas di daerah terpencil bagi siswa-siswa berprestasi dengan latar belakang masyarakat ekonomi lemah, dengan mendirikan Institut Teknologi Del, SMA Unggul Del, Sekolah Noah, dan Rumah Faye.
Upacara di SMA DEL; http://hahorason.blogspot.com

Politeknik Informatika Del didirikan pada tahun 2001. Sesuai dengan perkembangan keilmuan dan industri, Politeknik Informatika Del ditingkatkan statusnya menjadi Institut Teknologi Del pada tahun 2013. Yayasan Del mendirikan SMA Unggul Del di Laguboti pada tahun 2012. Selain itu, Yayasan Del juga mendirikan Sekolah NOAH di Kalisari Cijantung pada tahun 2007 dan Rumah Faye.

Informasi lebih lanjut:





6. SMA UNGGULAN SUKMA , NIAS

SMA Negeri Unggulan Sukma Nias atau biasanya disingkat SMA N USN merupakan salah satu SMA favorit di Provinsi Sumatera Utara. Awalnya, gedung SMA Negeri Unggulan Sukma Nias

adalah bantuan kemanusiaan melalui Yayasan Sukma Jakarta Media Group di bawah pimpinan Bapak Surya Paloh, sebagai wujud kepedulian atas bencana alam (gempa dan tsunami) yang melanda Pulau Nias pada 28 Maret 2005. SMA yang telah terakreditas A ini dibangun di atas tanah seluas hampir 3 hektar dengan dana Rp 6,7 miliar. 

Proses belajar mengajar dilaksanakan setiap Senin-Jumat dari pukul 07.30-17.00 WIB. Dan setiap Sabtu pukul 07.30-13.15 WIB. Kurikulum telah didesain dengan baik dan menyenangkan berupa teori, diskusi, dan praktikum. Guru yang mengajar juga telah berpendidikan S1 dan S2 yang profesional di bidangnya masing-masing. 



Fasilitas yang ada di sekolah SMA Unggulan SUKMA Nias antara lain:

  1. Gedung administrasi, terdiri atas kantor kepala sekolah, kantor guru, perpustakaan dan tata usaha.
  2. Gedung serbaguna, berfungsi sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara-acara dan kegiatan olahraga yang berkapasitas maksimal 600 orang.
  3. Terdapat 9 ruang kelas skala besar yang dilengkapi kursi, meja, dan whiteboard.
  4. Laboratorium, terdiri dari lab. komputer, bahasa, kimia, fisika, dan biologi.
  5. Fasilitas olahraga, seperti lapangan futsal, basket, badminton, dan tenis meja.
  6. Sanggar Seni dan Budaya.
  7. Mess guru.

Untuk menjadi siswa di SMA Unggulan SUKMA Nias, maka harus mengikuti beberapa tahap seleksi yaitu:

  1. Tes Akademik (tes tertulis), tes psikologi yang dapat mengungkap pencapaian seseorang secara intelektual. Mata pelajaran yang harus dikuasai Matematika, Sains, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Pengetahuan Umum.
  2. Tes Kesehatan, berupa tes kesehatan mata, telinga, hidung, gigi dan organ dalam.
  3. Tes Kesamaptaan Jasmani, dilakukan untuk mengukur kemampuan fisik setiap peserta seleksi.
  4. Tes psikotes/wawancara, merupakan sesi tanya-jawab tentang kepribadian dan pandangan-pandangan peserta seleksi.
  5. Tes kemampuan akademik, kesehatan, kesamaptaan jasmani dan psikotes/wawancara berlangsung seminggu. Dari beberapa tes ini, dilaksanakan dan diumumkan secara bertahap.
  6. MOS, melalui MOS juga diberi pengarahan atau penjelasan tentang pengenalan struktur dan lingkungan sekolah, cara belajar yang aktif, efisien dan kreatif dan juga pengajaran karakter.

Alamat sekolah: 

JL.NIAS TENGAH KM 7,5 GUNUNG SITOLI SELATAN. Kode Pos, : 22851.



Informasi lebih lanjut kunjungi:






7.  SMA UNGGULAN CT FOUNDATION, KABUPATEN DELI SERDANG 
CT Foundation adalah sebuah yayasan dengan visi utama memerangi buta huruf dan mengentaskan kemiskinan di Indonesia, didirikan pada tanggal 18 Juni 2007 oleh Bapak Chairul Tanjung dan Ibu Anita Ratnasari Chairul.

Chairul Tanjung lahir di Jakarta dari pasangan Abdul Ghafar Tanjung dan Halimah.
Ayahnya adalah seorang wartawan pada orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil. Sedangkan ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga. Ayah Chairul berasal dari Sibolga, Sumatera Utara, sedangkan ibunya dari Cibadak, Jawa Barat.Chairul berada dalam keluarga bersama enam saudara lainya. Ketika Orde Baru, usaha ayahnya dipaksa tutup karena berseberangan secara politik dengan penguasa saat itu. Keadaan ini memaksa orang tuanya menjual rumah dan mereka tinggal di kamar losmen yang sempit.
Chairul Tanjung MBA (ejaan Soewandi: Chairul Tandjung, lahir di Jakarta, 16 Juni 1962; umur 56 tahun) adalah pengusaha asal Indonesia. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa sejak 19 Mei 2014 hingga 20 Oktober 2014. Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp.
Chairul memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.
Saat ini, Chairul Tanjung juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan.
  • Pariarti Shindutama
  • CT Corp
  • Para Rekan Investama


Yayasan ini telah mendampingi masyarakat dengan bentuk memberikan bantuan dana, meringankan beban bencana, pendidikan dan kegiatan sosial lainnya. Dengan pemikiran, orang miskin akan bertambah miskin dan terus berada dalam lingkaran kemiskinan bila tidak mengecap pendidikan. Banyak orang miskin yang cerdas dan tinggi kemampuan daya belajarnya tetapi sangat lemah dalam pembiayaan untuk belajar. Oleh karena itu, maka Ketua Yayasan CT Foundation mendirikan sekolah SMA CT Foundation berasrama (boarding school). Pertama didirikan di Sumatera Utara pada tanggal 2 Februari 2010 , mulai menerima siswa baru untuk tahun ajaran 2010/2011 dengan izin operasional No. 421/1786/pdm/2010.

Pada tanggal 18 Juli 2010, SMA Unggulan CT Foundation diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara Bpk. H. Syamsul Arifin, S.E dan Ketua Yayasan Ibu Anita Chairul Tanjung. SMA Unggulan CT Foundation diharapkan mampu menjadikan kemiskinan bukan lagi kendala dan halangan bagi anak-anak Indonesia untuk menjadi pribadi yang pintar, cerdas, beretika, memiliki etos kerja yang tinggi dan berjiwa entrepreneur.
 

Setiap tahun CT Foundation memberi kesempatan kepada siswa tamatan SMP/MTs yang berprestasi untuk mengikuti seleksi siswa baru. Beasiswa diberikan kepada siswa yang lulus seleksi meliputi seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup selama masa pendidikan di SMA CT Foundation yaitu 3 tahun. Siswa yang tamat dan berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri atau pada Lembaga Pendidikan bersubsidi pemerintah, akan terus dibiayai kuliahnya memperoleh sarjana.

Alamat Sekolah:
Jl. Veteran Pasar VII, Manunggal, Labuhan Deli, Helvetia, Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20373

Informasi lebih lanjut, kunjungi: smactf.sch.id



8. SMA NEGERI 2 LINTONG NI HUTA, KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN
 


SMA Negeri 2 Lintongnihuta adalah salah satu SMA Unggulan di lingkungan Kabupaten Humbang Hasundutan, umumnya di Provinsi Sumatera Utara. SMA Negeri 2 Lintongnihuta menjadi pusat perhatian masyarakat Humbang Hasundutan.


Pada masa kepemimpian Bupati Drs. Maddin Sihombing, M.Si selama 2 (dua) periode tahun 2005 sampai dengan 2010 dan tahun 2010 sampai dengan 2015,  Kabupaten Humbang Hasundutan memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan. Diharapkan dengan kemajuan pendidikan kualitas Sumber Daya Manusia Humbang Hasundutan meningkat demi terciptanya daya saing yang tinggi di dalam maupun luar negeri. Hal ini tertuang dalam visi Kabupaten Humbang Hasundutan pada saat kepemimpinan beliau “Humbang Hasundutan Menjadi Daerah yang Mandiri dan Sejahtera” (HUTAMAS) dengan salah satu misi yaitu : Meningkatkan Profesionalisme dan Produktivitas Sumber Daya Manusia.



Diangkatnya Bapak Syamsul Arifin, S.E, Gubernur Sumatera Utara Periode 2008 sampai dengan 2013 (nonaktif tahun 2011)  menjadi Putra Humbang Hasundutan yaitu dengan dinobatkan menjadi marga Silaban, Bapak Syamsul Arifin menanyakan kepada Bupati Humbang Hasundutan apa yang bisa beliau perbuat untuk Humbang Hasundutan. Bapak Drs. Maddin Sihombing, M.Si langsung mengambil kesempatan yang baik itu dengan meminta agar di Humbang Hasundutan dibangun sekolah yang diproyeksikan menjadi sekolah unggulan untuk mendukung motto Gubernur Sumatera Utara yaitu ”Agar Masyarakat tidak Bodoh”. Keunggulan yang dimaksud adalah meliputi: Kemampuan Akademik, Sikap dan Perilaku, Kaya akan Keterampilan dan Pengetahuan, Keteguhan Iman, dan Kecakapan Hidup. Hal ini direalisasikan pada tahun 2009 yaitu melakukan program perluasan akses layanan pendidikan yang bermutu dengan membangun Unit Sekolah Baru (USB) yaitu SMA Negeri 2 Lintongnihuta yang beralamat di Desa Siponjot, Kecamatan Lintongnihuta.



SMA Negeri 2 Lintongnihuta resmi beroperasi pada tanggal 9 Juli 2012 sebagai tanda dimulainya Tahun Pelajaran 2012/2013.   Siswa yang diterima di SMA Negeri 2 Lintongnihuta berjumlah 60 (enam puluh) orang yang berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan dan luar Kabupaten Humbang Hasundutan. Siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta merupakan hasil seleksi beberapa tahapan yang dilakukan oleh Pemerintah Humbang Hasundutan bekerja sama dengan Pihak Universitas Negeri Medan. SMA Negeri 2 Lintongnihuta hingga saat ini telah meluluskan 2 (dua) angkatan dan telah menduduki Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta favorit yang tersebar di seluruh Indonesia.



informasi lebih lanjut kunjungi:






Alamat Sekolah: 

Jl. Dolok Sanggul - Siborong - Borong, Dolok Margu, Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara 22457




Demikiaanlah yang bisa bagi untuk para siswa/i dan orang tua yang mebaca blog ini sebagai masukan untuk memilih sekolah-sekolah Plus yang ada di Sumatera Utara ini. Semoga bermaanfat buat kita semua.

salam para bintang.....

2 comments:

  1. Apakah kalian masih bingung memilih jurusan? Yuk dalami pilihanmu di universitas kami dan akses informasi dapat dicek di Pendaftaran UNAIR Selamat Berjuang! :)

    ReplyDelete

INFORMASI PENDAFTARAN SISWA-SISWI BARU DI BIMBINGAN BELAJAR STAR ED TAHUN 2019/2020

Hai semua calon pemilik masa depan.... Salam Para Bintang Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang pentingnya ...

Powered by Blogger.