OLIMPIADE SAINS PLUS LOSPI 2020:OLIMPIADE SISWA SD/SMP/SMA/SMK DAN GURU 2019






SALAM OLIMPIADE.............
Lembaga Olimpiade Sains Plus Indonesia (LOSPI) untuk bersama menyelenggarakan OLIMPIADE SAINS SISWA & GURU 2020 Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK Se Provinsi Sumatera Utara dan Aceh dan bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) yang akan diselenggarakan pada: 

Hari/Tanggal: 
Sabtu-Minggu/15-16 Februari 2020

Tempat: 
GEDUNG AUDITORIUM UNIVERSITAS SUMATERA UTARA (USU) 

Surat undangan ke semua sekolah SMP/MTs dan SMA/MA/SMK akan dikirim SEGERA!!
Seluruh soal olimpiade dibuat dan ditanggungjawabi oleh Pelatihan OSN PERSIAPKAN DIRI UNTUK PERSIAPAN OLIMPIADENYA DENGAN MEMBAHAS SOAL-SOAL OLIMPIADE:

 OLIMPIADE SCE 2018

Berikut contoh soal dan pembahasan soal Olimpiade :
1. SOAL 1 [VIDEO]
2. SOAL 2 [VIDEO]
3. SOAL 3 [VIDEO]
4. SOAL 4 [VIDEO]

kunjungi chanel youtube: JIBANG PARDAMEAN HUTAGAOL 

Download Buku Panduan Olimpiade Sains Plus 2020

Lihat video ini :


MATERI YANG DIUJIKAN 
Olimpiade Guru SD/MI, terdiri dari tiga bidang yang dilombakan yakni Bidang Olimpiade Guru Matematika dengan materi yang diujikan : bilangan, pecahan, bangun ruang/geometri, perbandingan dan diagram. Bidang Olimpiade Guru Sains/IPA dengan materi yang diujikan : Manusia (Sistem peredaran darah, Pencernaan makanan dan alat pernapasan manusia), Tumbuhan dan Hewan, Bumi dan Antariksa (tatasurya, Matahari, Planet, Bulan, Asteroid, Meteoroid, dan Komet), Usaha dan Energi, Pesawat Sederhana (Tuas/pengungkit, katrol, dan Bidang Miring), Energi Panas (suhu, pemuaian, kalor, asas Black, perubahan wujud dan mendidih), Listrik, Energi Cahaya dan Bunyi. Bidang Olimpiade Guru Bahasa Inggris dengan materi yang diujikan dari Grammer, Reading, dan Wacana Text. 

BROSUR:

Olimpiade Guru SMP/MTs, terdiri dari enam bidang yang dilombakan yakni:
  1. Bidang Olimpiade Guru Matematika dengan materi yang diujikan : Aljabar (Sistem bilangan real, Ketaksamaan, Nilai mutlak, Suku banyak (polinom), Fungsi, Sistem koordinat bidang, Barisan dan deret, Persamaan dan sistem persamaan), Geometri, Kombinatorika, Teori bilangan. 
  2. Bidang Olimpiade Guru Sains/IPA: dengan materi yang diujikan untuk topik Biologi: Biologi Sel (Molekuler, Mikrobiologi & Bioteknologi), Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (Fokus pada tumbuhan berbiji), Anatomi dan Fisiologi Hewan & Manusia (fokus pada Vertebrata), Etologi (Perilaku), Genetika dan Evolusi, Ekologi (biosfer dan manusia), Biosistematika, topik Fisika : Pengukuran, Besaran dan Satuan, Mekanika, Getaran, Gelombang dan Bunyi, Bumi dan Antariksa (tatasurya, Matahari, Planet, Bulan, Asteroid, Meteoroid, dan Komet), Usaha dan Energi, Energi Panas (suhu, pemuaian, kalor, asas Black, perubahan wujud dan mendidih), Listrik dan Fluida, topik Kimia: Atom (Atom Hidrogen, Radioaktifitas), Ikatan Kimia (VSEPR- Struktur molekul sederhana, Delokalisasi dan Resonansi), Perhitungan Kimia, Kecenderungan Periodik (Konfigurasi Elektron, Elektronegatifi Afinitas Elektron, Energi Ionisasi Pertama, Ukuran Atom, Ukuran Ion, Bilangan Oksidasi Tertinggi), Kimia Anorganik (Kecenderungan sifat Unsur unsur golongan Utama, Bilangan Oksidasi, Nomenklature, Golongan 1 (1A) dan 2 (2A), Golongan 13 (3A)- 18 (8A) dan Hidrogen, Logam-Logam Transisi, Lanthanida dan Aktinida, Kimia Koordinasi, termasuk stereokimia, Beberapa proses Industri Kimia), Kimia Fisika (Gas, FASA, Termodinamika, Kesetimbangan kimia: molekular dan ionik, Elektrokimia), Kinetika Kimia (Reaksi Homogen), Kimia Analitik (Titrasi, Analisa kualitatif, Metode Pemisahan Khromatografi), Kimia Organik, Polymer, Biokimia, dan Spektroskopi. 
  3. Bidang Olimpiade Guru IPS dengan materi yang diujikan dari Sejarah, PKn, Geografi, dan Ekonomi (sesuai dengan silabus OSN). 
  4. Bidang Olimpiade Guru Bahasa Inggris dengan materi yang diujikan dari Grammer, Reading, dan Wacana Text. 

MAU TAHU LIHAT SOAL-SOALNYA.....
KLIK DI SINI!!!!!!!!

Mohon jika berkenan menshare link ini dan memberikan komentar di kolom komentar. Tidak lupa satu lagi, untuk memajukan tulisan dan blog ini, karena pembahasannya akan di upadate di chanel youtube ruang para bintang. Mohon berkenan untuk membantu subscribe chanel ini dengan cara klik saja tanda subscribe ini.


Silahkan pelajari soal -soal Olimpiade berikut sebagai persiapan yg matang.

1. SOAL SCE 2018 (DOWNLOAD)
2. SOAL OSN 2018 (DOWNLOAD)
3. Silabus Olimpiade Sains Nasional (Download)

ingin lihat syarat pendaftarannya, klik gambar !
https://lospi.org/wp-content/uploads/2015/09/5-Syarat-Pendaftaran.jpg

INGIN LEBIH PAHAM LAGI SOAL-SOAL BIDANG STUDY LAIN DOWNLOAD DISINI
Olimpiade Guru SMA/MA/SMK terdiri dari lima bidang yang dilombakan yakni: 
  1. Bidang Olimpiade Guru Matematika dengan materi yang diujikan : Aljabar (Sistem bilangan real, Ketaksamaan, Nilai mutlak, Sukubanyak (polinom), Fungsi, Sistem koordinat bidang, Barisan dan deret, Persamaan dan sistem persamaan), Geometri, Kombinatorika, Teori bilangan. 
  2. Bidang Olimpiade Guru Biologi dengan materi yang diujikan: Biologi Sel (Molekuler, Mirkobiologi & Bioteknologi), Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (Fokus pada tumbuhan berbiji), Anatomi dan Fisiologi Hewan & Manusia (fokus pada Vertebrata), Etologi (Perilaku), Genetika dan Evolusi, Ekologi (biosfer dan manusia), Biosistematika. 
  3. Bidang Olimpiade Guru Fisika dengan materi yang diujikan: MEKANIKA (Kekekalan energi mekanik, Hukum Newton tentang gerak, Osilasi, Momentum dan Impuls, Momentum sudut, Gesekan, Gerak melingkar, Hukum Hooke, Pusat massa, Momen Inersia, Rotasi, Benda tegar, Matematika : tentang diferensial yang sederhana), Listrik Magnet. 
  4. Bidang Olimpiade Guru Kimia dengan Materi yang diujikan: Atom (Atom Hidrogen, Radioaktifitas), Ikatan Kimia (VSEPR- Struktur molekul sederhana, Delokalisasi dan Resonansi), Perhitungan Kimia, Kecenderungan Periodik (Konfigurasi Elektron, Elektronegatifi Afinitas Elektron, Energi Ionisasi Pertama, Ukuran Atom, Ukuran Ion, Bilangan Oksidasi Tertinggi), Kimia Anorganik (Kecenderungan sifat Unsur unsur golongan Utama, Bilangan Oksidasi, Nomenklature, Golongan 1 (1A) dan 2 (2A), Golongan 13 (3A)- 18 (8A) dan Hidrogen, Logam-Logam Transisi, Lanthanida dan Aktinida, Kimia Koordinasi, termasuk stereokimia, Beberapa proses Industri Kimia), Kimia Fisika (Gas, FASA, Termodinamika, Kesetimbangan kimia: molekular dan ionik, Elektrokimia), Kinetika Kimia (Reaksi Homogen), Kimia Analitik (Titrasi, Analisa kualitatif, Metode Pemisahan Khromatografi), Kimia Organik, Polymer, Biokimia, dan Spektroskopi. 
  5. Bidang Olimpiade Guru Ekonomi dan Akuntansi dengan materi yang diujikan: Kebutuhan Manusia, Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas, Masalah Pokok Ekonomi, Biaya Peluang, Sistem Ekonomi, Perilaku konsumen dan produsen, Arus lingkaran kegiatan ekonomi, Peran konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi, Permintaan dan Penawaran, Hukum Permintaan dan Penawaran, Keseimbangan Pasar, Elastisitas Permintaan dan Penawaran, Utilitas Kardinal, Utilitas Ordinal, Produksi dengan 1 Macam Input Variabel, Produksi dengan 2 Macam Input Variabel, Biaya Produksi, Penerimaan, Memaksimumkan Laba, Struktur Pasar, Pasar Input, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro, Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi, Pendapatan Nasional, Penghitungan pendapatan nasional, PDB dan pendapatan perkapita, Inflasi, Indeks Harga, Teori Konsumsi, Teori Investasi, Permintaan dan penawaran uang, Bank, Kebijakan pemerintah di bidang moneter, Ketenagakerjaan, Pembangunan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi, APBN dan APBD, Kebijakan Fiskal, Pengeluaran Pemerintah, Pasar Modal, Perdagangan Internasional, Kurs Valuta Asing, Devisa, Manajemen, Peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia, Koperasi, Kewirausahaan, Sistem Informasi, Persamaan Akuntansi, Analisis Debit / Kredit, Jurnal Umum, Posting, Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, Laporan Keuangan, Jurnal Khusus, Posting ke buku besar, Harga Pokok Penjualan, Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang, Laporan keuangan, Jurnal Penutup, Menutup Buku Besar, Neraca Saldo Setelah Penutupan. 
  6. Bidang Olimpiade Guru Geografi dan Kebumian dengan materi yang diujikan: Geologi-Geofisika (Geosfer) (Pembentukan Bumi, Struktur Dalam Bumi, Tektonik lempeng, Pembentukan dan Siklus Batuan, Geologi Struktur dan Geomorfologi, Paleontologi dan Geologi Sejarah, Sumber daya dan Bencana Geologi), Meteorologi-Klimatologi (Atmosfer) (Struktur Atmosfer, Komposisi dan Sirkulasi Udara, Pembentukan Awan dan Hujan, Iklim Global, Bencana Meteorologi/Klimatologi), Astronomi (Sistem Planet) (Sistem dan Evolusi Tata Surya, Fisika & Gerak Planet, Koordinat Horizon, Ekuator dan Ekliptika, Fisika Matahari dan Pengaruhnya Terhadap Bumi, Teropong dan Peta Bintang), Geohidrologi dan Oseanografi (Hidrosfer) (Siklus Hidrologi, Geohidrologi Air Permukaan dan Bawah Permukaan, Geologi dan Fisiografi Laut, Komposisi dan Sirkulasi Air Laut), Iklim dan Perubahan Iklim, Kebencanaan dan Manajemen Bencana, Sumber Daya dan Manajemen Sumber Daya, Geografi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, Geomorfologi dan Penggunaan Lahan, Geografi Pertanian dan Permasalahan Pangan, Kependudukan dan Dinamika Penduduk, Geografi Kota, Peremajaan Kota, dan Perencanaan Kota, Geografi Pembangunan dan Teori Keruangan, Pariwisata dan Manajemen Pariwisata, Geografi Ekonomi dan Globalisasi, Geografi Budaya dan Identitas Regional. 
  7. Bidang Olimpiade Guru Bahasa Inggris dengan materi yang diujikan berbentuk grammar structure dan reading comprehension. 

Keterangan lebih lanjut:
Untuk jumlah soal dan lama ujian berlangsung dapat kita lihat pada gambar ini....





https://lospi.org/wp-content/uploads/2015/09/4-Bidang-Olimpiade.jpg

No comments

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//