Wajib Tahu: Ada Apa Dengan SNMPTN - UTBK SBMPTN 2021?? Ada Peraturan Baru !!

Salam Para Bintang

Halo para peminat dan pecinta PTN, khususnya siswa/i kelas XII baik IPA, IPS, MA dan SMK. Bagaimana, apakah kalian siap untuk UTBK 2021. Harus siap dong pastinya ya.

Nah, ada yang perlu kalian ketahui bahwa SNMPTN, UTBK 2021 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Setiap waktu ada perubahan dengan target mencapai pendidikan di Indonesia untuk lebih baik. Menjadikan mahasiswa semakin sesuai dengan jurusanya dan siap dengan lapangan kerja ke depan,

Berdasarkan Sosialisasi yang dilakukan pihak Panitia yaitu LTMPT di chanel youtube pada tanggal 12 Desember 2020 menyampaikan penjelasan-penjelasan penting tentang pelaksanaan, jadwal dan hal penting yang harus dipehartikan dalam UTBK 2021. Simak dan pahami secara jelas.


Berikut adalah hal-hal penting yang wajib diketahui siswa/i kelas XII SMA/MA dan SMK:

  • Peserta yang Lulus SNMPTN 2021 dan lulus pada tahun sebelumnya tidak diperbolehkan untuk mengikuti UTBK 2021. 
Banyak mahasiswa yang tahun lalu mungkin lulus di PTN  dan mungkin tidak mengambilnya atau tidak senang dengan jurusan tersebut atau baik setelah dia menjalani kuliah 1 semester rasanya tidak cocok dan tidak bisa mengikuti sistem perkuliahan pada jurusan tersebut maka ada keinginan untuk mencoba tahun 2021 ini. Maaf, tidak ada kemungkinan bagi kalian untuk mengikuti (tertutup peluang). Kenapa ini menjadi penting di tahun 2021 ini? Tujuan dijalankannya kembali aturan ini adalah memberi kesempatan kepada peserta(siswa/i) lain dalam  hak memperoleh program study(prody) dan PTN secara adil dan merata. 
  • Pada tahun 2021, LTMPT membagi klaster Program Study dalam 9 bidang keilmuan
Untuk tahun 2021, program study akan dibagi dalam 9 klaster dengan tujuan untuk memastikan relevansi dari nilai yang diperoleh peserta ujian/ calon mahasiswa terhadap program study yang dipilih. Karna banyak saat ini, calon mahasiswa memilih jurusan asal masuk dan akhirya ketika di dalam bangku perkuliahan tidak mengikuti dengan baik.

  • Pada tahun 2021, Kuota SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri  yang memiliki Badan Hukum berbeda dengan PTN lainnya. Jalur SNMPTN minimum  20 %, SBMPTN minimum 40 % dan Mandiri Maksimum 30%.

Adik-adik calon mahasiswa, ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Ketiga jalur ini yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Untuk itu, saat ini kuncinya adalah persiapan yang baik dan matang. Kenapa demikian? Nah, jika kita pahami, PTN dengan Badan Hukum adalah PTN yang mempunyai otonom penuh dalam mengelola kehidupan kampusnya, termasuk otoritas pengembangan dan inovasi kampus tersebut. Ingat secara baik, di Indonesia ada 12 PTN Badan Hukum yaitu:
  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Institut Teknologi Sumatera
  3. Insitut Pertanian Bogor
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Gajah Mada
  6. Universitas Indonesia
  7. Universitas Sebelas Maraet
  8. Univesitas Sumatera Utara
  9. Universitas Pendidikan Indonesia
  10. Universitas Hasanuddin
  11. Universitas Airlangga
  12. Universitas Padjajaran
Baca Juga:
  • Tahun 2021, Siswa yang mendaftar PKN STAN wajib mempunyai nilai UTBK yaitu nilai TPS dan TKA SOSHUM
Ini adalah satu hal dan terobosan baru dari LTMPT yaitu dengan tujuan mensinegitaskan di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri. Memang sebagian siswa  merasa kecewa dengan informasi ini. Ternyata untuk daftar STAN harus menggunakan niai TPS dan TKA Soshum, dimana sebelumnya hanya mengikuti Ujian TKD dengan bidang TIU, TWK dan TKP. Mungkin, ini sudah menjadi yang terbaik. Kita lihat informasi berikutnya.


  • Peserta yang lulus SNMPTN tidak bisa mendaftar di PKN STAN
Peserta yang sudah lulus SNMPTN dipastikan tidak bisa mengambil PKN STAN, dengan tujuan memberikan kesempatan yang sama kepada peserta lainnya untuk dapat diterima di PTN dan prody secara adil. Inilah memang menjadi masalah bagi siswa saat ini, banyak dilema dong pastinya. Ikut Jalur Undangan SNMPTN gak sih. Apalagi mungkin siswanya memang bercita-cita untuk masuk PKN STAN dari kelas X SMA. Bagaimana dengan ini? Siapkah kalian menerima resiko dan mengambil keputusan yang tepat dengan masa depan kalian/ Yang pasti, siap gak siap kita harus maju. Oke

  • Untuk Peserta yang ingin mengambil Lintas Minat tidak dianjurkan meskipun tidak ada larangan
Karena saat ini sangat banyak jurusan dari IPA masuk menjadi IPS , sedangkan IPS agak susah masuk ke jurusan IPA dan sepertinya tidak bisa sama sekali. Gimana menurut kalian? Sebenarnya, tujuannya adalah memastikan para peserta yang lulus di jurusan yang dipilihnya yang tidak lintas minat memang benar-benar adalah sesuai dengan kemampuan dan minatnya sehingga pada saat perkuliahan tidak mengalami gangguan belajar dan perkuliahan berjalan baik dan lancar sehingga tidak terkendala dalam prestasi akademik di kampus anntinya.

Itulah hal-hal yang wajib kalian pahami di SNMPTN, UTBK SBMPTN dan Mandiri untuk tahun 2021 ini. Siapkah kalian dengan semua ini. Berikan komentar kalian di kolom komentar dong ya. Semoga kalian semua  ke depan lulus SNMPTN, UTBK untuk tahun 2021. jangan patah semangat ya. Semua akan indah pada waktunya, kuncinya adalah persiapan dengan baik dan matang.

Semoga sukses buat kalian semua...Amin

1 comment:

  1. Ka berarti jurusan IPA tidak bisa masuk STAN dong sekarang, terus bagaimana seperti kami yang ambil jurusan IPA tapi dari awal bercita cita masuk STAN?

    ReplyDelete

INFORMASI PENDAFTARAN SISWA-SISWI BARU DI BIMBINGAN BELAJAR STAR ED TAHUN 2021/2022

Hai semua calon pemilik masa depan.... Salam Para Bintang Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang pentingnya...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//