Daftar 20 PTN Yang Paling diminati Siswa di SNMPTN 2021 dan Penerima Mahasiswa Terbanyak di SNMPTN 2021. Cek Universitas Kalian !

Salam Para Bintang

Halo adik-adik para pecinta PTN dan calon pemilik masa depan.
Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021 yang lalu. Nah, dari data LTMPT kita peroleh bahwa perbandingan yang diterima dengan yang diterima berbanding terbalik. Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 lalu terdapat 126 PTN/Politeknik Negeri/11 PTKIN se Indonesia yang ikut berpartisipasi. Dari seluruhnya, ada data 20 PTN Penerima Mahasiswa Terbanyak pada SNMPTN 2021 ini. Simak dengan baik sebagai gambaran untuk persiapan di UTBK 2021, kampus mana yang kamu tuju.

Tetap semangat dan selamat berjuang, Calon Mahasiswa Indonesia!

Berikut 20 PTN Penerima Mahasiswa Terbanyak di Indonesia pada SNMPTN 2021:

1. Universitas Brawijaya (4.446 mahasiswa)
Universitas Brawijaya adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. Universitas Brawijaya (UB) adalah perguruan tinggi di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan no.1 tanggal 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Dies Natalis UB. Nama Brawijaya diberikan khusus oleh Presiden Soekarno dengan harapan mampu gemilang seperti Raden Wijaya (Brawijaya I) selaku pendiri Kerajaan Majapahit sekaligus menjadi kampus kebanggan bangsa Indonesia.

Universitas Brawijaya merupakan kampus elit di Indonesia dan secara konsisten menduduki peringkat 5 terbaik bersama dengan Universitas IndonesiaInstitut Pertanian BogorUniversitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung berdasarkan penilaian resmi Kemenristekdikti. Sedangkan di tingkat Internasional, UB menduduki peringkat 51 di Asia dan 400 dunia. UB adalah salah satu dari sebagian kecil kampus Indonesia yang terindeks secara Internasional oleh QS.

UB memiliki empat kampus. Kampus utama terletak di sebelah barat Kota Malang (Jl. Veteran), dan kampus kedua berada di Puncak Dieng atau dikenal sebagai UB Dieng yang digunakan untuk fasilitas olahraga outdoor, dan beberapa fasilitas riset maupun perkuliahan. Sedangkan kampus ketiga dan keempat berada di Kediri dan JakartaSilahkan daftar ulang di sini.
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Brawijaya

2. Universitas Negeri Semarang (2.765 mahasiswa)
Universitas Negeri Semarang (disingkat UNNES, adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi eks-IKIP yang statusnya meningkat menjadi Universitas. Kampus utamanya terletak di daerah Sekaran (Gunungpati), wilayah selatan Kota SemarangJawa Tengah. Dan kampus lainnya terletak di Ngaliyan (Semarang)Kelud (Semarang)Bendan Ngisor (Semarang) dan di Kemandungan, Tegal.
Kunjungi: https://unnes.ac.id/



Baca Juga: Kumpulan Soal UTBK 2020 : Bidang TPS 3. Universitas Pendidikan Indonesia (2.565 mahasiswa)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya berkedudukan di Kota BandungJawa BaratIndonesia. Sejak tahun 2012, UPI berstatus sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah (PTP), berubah dari status sebelumnya sebagai perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN).


UPI adalah perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Kampus utama UPI berlokasi di Jalan Setiabudhi 229, Bandung. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di CibiruTasikmalayaSumedangPurwakarta, dan Serang.


Kunjungi: https://www.upi.edu/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Pendidikan_Indonesia

4. Universitas Negeri Padang ( 2.456 mahasiswa)

Universitas Negeri Padang, disingkat UNP adalah perguruan tinggi negeri di PadangSumatra BaratIndonesia, yang berdiri pada 23 Oktober 1954. Rektor Universitas Negeri Padang sejak 20 Juli 2016 adalah Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. Kampus utamanya terletak di Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Kota Padang. Sedangkan lokasi kampus lainnya terletak di Lubuk BuayaUlu GadutLimau ManisKota Bukittinggi, dan Kota Pariaman.


Pada 2011, UNP menjadi salah satu dari 28 Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang dinobatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai 50 perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia, atau 50 Promising Indonesian Universities.

Pada 29 Desember 2016, UNP memperoleh akreditasi dengan predikat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)`


Kunjungi:http://www.unp.ac.id/

sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Padang


5. Universitas Malikussaleh (2.450 mahasiswa)
Universitas Malikussaleh (disingkat UNIMAL) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di pantai Timur-Utara Aceh yang kampus utamanya sekarang berada di Reuleuet, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Indonesia. Kampus Unimal terdapat beberapa kampus yaitu kampus utama berlokasi di Jl. Medan - Banda Aceh, Cot Tengku Nie, Reuleuet, Kab. Aceh Utara, dan kampus lain berada di 3 lokasi yaitu Bukit Indah, Cunda dan Lancang Garam.

Kunjungi:https://unimal.ac.id/

sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Malikussaleh






6. Universitas Haluoleo (2.348 mahasiswa)
Universitas Haluoleo, disingkat UnHalu, adalah perguruan tinggi negeri di KendariSulawesi TenggaraIndonesia, yang berdiri tahun 1964 sebagai perguruan tinggi swasta filial dari Universitas Hasanuddin Makassar. Unhol awalnya adalah universitas swasta yang didirikan oleh Drs. H. La Ode Manarfa dan Drs. La Ode Malim.
Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 tahun 1981 Unhol secara resmi menjadi perguruan tinggi negeri ke 42 di Indonesia, tepatnya pada 
19 Agustus 1981. Dalam catatan sejarah Unhol Drs. La Ode Malim merupakan Rektor Unhol pertama.

Kunjungi:https://www.uho.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Halu_Oleo


7. Institut Teknologi Sumatera (2.313 mahasiswa)
Institut Teknologi Sumatera, disingkat ITERA, adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Provinsi Lampung di Pulau Sumatra (bentuk tidak baku: Sumatera). Lokasinya berada di antara wilayah Kabupaten Lampung Selatan dengan Kota Bandar Lampung. ITERA didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 124 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Sumatera (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 253) yang ditetapkan Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 6 Oktober 2014 dan diundangkan tanggal 9 Oktober 2014

Walaupun peresmiannya dilaksanakan pada tahun 2014, tetapi ITERA sudah memulai kegiatan akademik dengan menerima mahasiswa baru sejak tahun 2012-2013. Selain ITB dan ITS, dengan dibukanya ITERA dan ITK, maka pemerintah Indonesia memiliki empat institut teknologi.

Kunjungi:https://www.itera.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Institut_Teknologi_Sumatera


8. Universitas Jember (2.272 mahasiswa)
Universitas Jember (disingkat UNEJ atau UJ) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Jember, Provinsi Jawa Timur. Pada awal berdirinya pada tahun 1964, Universitas Negeri Djember yang disingkat UNED, memiliki lima fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi. 


Dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad kemudian dengan perbaikan susunan kata dari ejaan lama ke ejaan yang disempurnakan (EYD) Universitas Negeri Djember berubah nama menjadi Universitas Negeri Jember dengan singkatan UNEJ. Dari situlah nama UNEJ berasal, walaupun saat ini kata "Negeri" dihilangkan sehingga menjadi Universitas Jember, nama UNEJ sudah telanjur melekat dikalangan masyarakat sekitar.

Kunjungi:https://unej.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Jember

">
9.Universitas Sumatera Utara ( 2.131 mahasiswa)
Universitas Sumatera Utara (USU) adalah sebuah universitas negeri yang terletak di MedanSumatera Utara. Universitas Sumatera Utara adalah salah satu universitas terbaik di pulau Sumatra. USU juga adalah universitas pertama dan satu-satunya punya jurusan D3 Statistika di dunia serta di pulau Sumatra yang mempunyai Fakultas Kedokteran. 



USU didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatra Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Fakultas pertama adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada 20 Agustus 1952, yang kini diperingati sebagai hari jadi USU. Presiden Indonesia, Soekarno kemudian meresmikan USU sebagai universitas negeri ketujuh di Indonesia pada tanggal 20 November 1957.

Kunjungi:https://www.usu.ac.id/id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Sumatera_Utara


10. Universitas Negeri Malang (2.121 mahasiswa)
Universitas Negeri Malang, disingkat UM, merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Malang dan BlitarJawa TimurIndonesia. Universitas yang didirikan pada tanggal 18 Oktober 1954 ini sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Malang, lalu IKIP Malang (1964–1999) yang membuatnya menjadi salah satu IKIP tertua di Indonesia.


Kunjungi:https://um.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Malang#HIMAFO



11. Universitas Diponegoro (2.106 mahasiswa)
Universitas Diponegoro disingkat sebagai Undip adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di SemarangJawa TengahIndonesia. Saat ini Undip telah memiliki 11 Fakultas dan 2 Sekolah. Kampus utama Undip terletak di daerah Tembalang, dan kampus utama lainnya terletak di daerah Pleburan. Undip didirikan pada tanggal 9 Januari 1957 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. 




Kata Diponegoro diambil dari nama pahlawan nasional, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan seorang pangeran pengobar semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian Undip. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2015, Undip ditetapkan statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Kunjungi:https://www.undip.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Diponegoro


12. Universitas Negeri Makassar (2.091 mahasiswa)
Universitas Negeri Makassar atau UNM adalah perguruan tinggi negeri di MakassarIndonesia, yang berdiri pada 1 Agustus 1961.


Kunjungi:https://unm.ac.id/

sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Makassar


13. Universitas Gadjah Mada (2.069 mahasiswa)
Universitas Gadjah Mada merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.[4] Kampus UGM yang terletak di Yogyakarta merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka. 

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan dua Sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S2, S3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus BulaksumurYogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kunjungi:https://www.ugm.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Gadjah_Mada


14. Universitas Udayana ( 2.035 mahasiswa)
Universitas Udayana, disingkat UNUD, adalah perguruan tinggi negeri di BaliIndonesia, yang berdiri pada 29 September 1962.

Kunjungi: https://www.unud.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Udayana


15. Universitas Andalas (1.951 mahasiswa)
Universitas Andalas (biasa disingkat dengan Unand) adalah sebuah perguruan tinggi negeri Indonesia yang terletak di Kota PadangSumatra BaratIndonesia. Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Pada saat itu, Unand adalah universitas keempat yang diresmikan oleh 
Pemerintah Indonesia. Universitas Andalas terdiri dari lima belas fakultas dengan kampus utama di Limau Manis, Padang; terdapat pula kampus-kampus lain di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya.

Kunjungi: https://unand.ac.id/id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Andalas


16. Institute Pertanian Bogor (1.933 mahasiswa)
Institut Pertanian Bogor iku sawwijining pawiyatan luhur pertanian nagari sing dumunung ing Bogor.


Kunjungi: https://www.ipb.ac.id/

sumber: https://jv.wikipedia.org/wiki/Institut_Pertanian_Bogor


17. Universitas Syiah Kuala (1.927 mahasiswa)
Universitas Syiah Kuala (disingkat USK, sebelumnya Unsyiah) adalah universitas yang berdiri pada 2 September 1961 dan terletak di Banda AcehIndonesia.

Kampus ini berjarak 8 km ke arah timur Kota Banda Aceh, 22 km dari 
Bandara Sultan Iskandar Muda, dan 10 km dari Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya.

Kunjungi: https://unsyiah.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Syiah_Kuala


18. Universitas Riau (1.908 mahasiswa)
Universitas Riau, disingkat UR, adalah perguruan tinggi negeri di PekanbaruIndonesia, yang berdiri pada 25 September 1962. Bermula dari keinginan masyarakat dan pemerintah daerah Riau untuk memiliki Perguruan Tinggi Negeri. Keinginan ini diwujudkan dengan membentuk Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau (P3TR) di Tanjungpinang. Namun setelah ibukota Provinsi Riau pindah ke Pekanbaru, maka Panitia ini dipindahkan ke kota ini. Di antara pelopor pendirian itu ialah Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abdurrahman, Soesman Hs. dan Drs. Sutan Balia. Dari usaha keras kepanitian itu dibentuklah Yayasan Universitas Riau, maka lahirlah perguruan tinggi ini yang kelak diberi nama Universitas Riau pada tanggal 25 September 1962, selanjutnya diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No.123 tanggal 20 September 1963 yang berlaku sejak 1 Oktober 1962.
Pada saat itu unversitas ini mempunyai dua fakultas, yaitu: Fakultas Ketataniagaan dan Ketatanegaraan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pada 1963 Satu tahun berikutnya dibuka pula Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam. Kemudian pada tahun 1964 didirikan: Fakultas Perikanan
, sehingga lengkaplah UR sebagai sebuah universitas dengan dua fakultas eksakta dan tiga non-eksakta

Kunjungi: https://unri.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Riau


19. Universitas Jambi (1.842 mahasiswa)
Universitas Negeri Jambi (disingkat UNJA) adalah perguruan tinggi negeri di JambiIndonesia, yang berdiri pada 23 Maret 1963.

Kunjungi: https://www.unja.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Jambi


20. Universitas Tadulako (1.800 mahasiswa)
Universitas Tadulako, disingkat UNTAD, adalah perguruan tinggi negeri di Palu, Indonesia, sesuai Keppres No. 36 Tahun 1981 Universitas Tadulako berdiri pada tanggal 14 Agustus 1981


Kunjungi: https://untad.ac.id/

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Tadulako


Sumber: ltmpt official



Demikianlah informasi tentang 20 PTN yang paling banyak menerima mahasiswa di SNMPTN 2021. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua, khususnya kelas XII SMA /SMK dan MA. Ini menjadi salah satu informasi agar kita semakin siap memilih pilihan di PTN melalui jalur UTBK.


No comments

INFORMASI PENDAFTARAN SISWA-SISWI BARU DI BIMBINGAN BELAJAR STAR ED TAHUN 2021/2022

Hai semua calon pemilik masa depan.... Salam Para Bintang Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang pentingnya...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//