Latihan Online AKM + Soal PISA dan TIMSS dijadikan sebagai Acuan Soal Ujian Nasional yaitu AKM dan Survey Karakter


 Salam Para Bintang

Apakah kalian sudah kenal PISA dan TIMSS?

PISA dan TIMSS adalah dua tes untuk mengukur literasi matematika dan sains pada siswa kelas menengah di berbagai negara. Selain literasi matematika, PISA yang dihelat oleh Organisation For Economic Co-operation and Development (OECD) juga mengukur kemampuan siswa usia 15 tahun (kelas III SMP dan KelasI SMA) dalam membaca (reading literacy).TIMSS diselenggarakan oleh International Association for the Evaluation of Education Achievement (IEA) yaitu sebuah asosiasi internasional untuk menilai prestasi dalam pendidikan yang berpusat di Lynch School of Education, Boston College, USA Soal PISA/TIMSS selalu berorientasi kepada pemecahan masalah, tidak sekadar hafalan. 

Baca Juga:

Kumpulan Soal-Soal AKM & Survey Karakter ini terhadap siswa?? Apakah ini sudah tepat dilaksanakan dalam UNBK 2021

Penerapan soal PISA maupun TIMSS di soal Ujian Nasional baru diterapkan mulai dari tahun 2015 itupun hanya satu dua soal. Nah, dengan semakin berkembang terus soal-soal PISA dan TIMSS mulai dijadikan role model untuk soal-soal Ujian Nasional baik tingkat SD,SMP, SMA dan bahwak UTBK SBMPTN. Biasanya setiap pelaksanaan Ujian Nasional memiliki komposisi soal yaitu mudah 10 %, sedang 70 % dan sulit 20 %. Tahun 2016 jumlah soal UN yang mengadopsi PISA/TIMSS meningkat menjadi delapan-sepuluh soal dari total 40-50 soal UN (20%).

Baca Juga:

DOWNLOAD SOAL SAT DAN PEMBAHASAN SOAL :  SOAL TPS  UTBK 2021 DIADOPSI  DAN DI TRANSLATE SAJA !!

Untuk apa sih Ujian Nasional di Indonesia mengadopsi soal-soal PISA dan TIMSS ? Tentunya tujuannya untuk mengukur kemampuan, kompetensi kita dibandingkan soal-soal dari luar negeri. Pada tahun 2021 Ujian Nasiona dengan metode lama akan segera dihapuskan dan diganti dengan Assesment Kompetensi Minimum (AKM) dan Survey Karakter(SK). Soal-soal yang digunakan adalah berupa literasi dan diadopsi dari soal-soal PISA dan TIMSS. 

Nah, pada artikel ini saya akan menuliskan contoh-contoh soal PISA dan TIMSS. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Contoh 1:

Pada bulan Januari, CD baru dari band 4U2Rock dan The Kicking Kangaroos dirilis. Pada bulan Februari, CD dari band No One's Darling dan The Metalfolkies menyusul. Grafik berikut menunjukkan penjualan CD band dari Januari hingga Juni.
















Di bulan apa band No One's Darling menjual lebih banyak CD daripada band The Kicking Kangaroos untuk pertama kalinya?

A. Tidak Ada Bulan

B. Maret

C.April

D.Mei


Contoh 2:

LALU LINTAS

Berikut adalah peta sistem jalan yang menghubungkan pinggiran kota di dalam kota. Peta menunjukkan waktu tempuh dalam hitungan menit pada jam 7:00 di setiap ruas jalan.


Julio tinggal di Silver, Maria tinggal di Lincoln dan Don tinggal di Nobel. Mereka ingin bertemu di pinggiran kota di peta. Tidak ada yang mau bepergian lebih dari 15 menit.

Dimana mereka bisa bertemu?

                                 TES SEKARANG

Contoh 3:

LALU LINTAS

Berikut adalah peta sistem jalan yang menghubungkan pinggiran kota di dalam kota. Peta menunjukkan waktu tempuh dalam hitungan menit pada jam 7:00 di setiap ruas jalan.


Maria ingin melakukan perjalanan dari Diamond ke Einstein. Rute tercepat membutuhkan waktu 31 menit adalah....

                                 TES SEKARANG

Contoh 4:

KONTROL IKLIM

Anda tidak memiliki instruksi untuk AC baru Anda. Anda perlu mengetahui cara menggunakannya.

Anda dapat mengubah kontrol atas, tengah dan bawah di sebelah kiri dengan menggunakan slider (). Pengaturan awal untuk setiap kontrol ditunjukkan dengan.

Dengan mengklik TERAPKAN, Anda akan melihat perubahan suhu dan kelembaban ruangan dalam grafik suhu dan kelembaban. Kotak di sebelah kiri setiap grafik menunjukkan tingkat suhu atau kelembapan saat ini.

Temukan apakah setiap kontrol memengaruhi suhu dan kelembapan dengan mengubah penggeser. Anda dapat memulai lagi dengan mengklik RESET.

Gambarlah garis pada diagram di sebelah kanan untuk menunjukkan pengaruh dari setiap kontrol.

Untuk menggambar garis, klik salah satu kontrol lalu klik Temperatur atau Kelembaban. Anda dapat menghapus baris apa pun dengan mengkliknya.

TES SEKARANG

Contoh 5:

TIKET

Sebuah stasiun kereta memiliki mesin tiket otomatis. Anda menggunakan layar sentuh di sebelah kanan untuk membeli tiket. Anda harus membuat tiga pilihan.

Pilih jaringan kereta yang Anda inginkan (subway atau negara).

Pilih jenis tarif (penuh atau konsesi).


Pilih tiket harian atau tiket untuk sejumlah perjalanan tertentu. Tiket harian memberi Anda perjalanan tak terbatas pada hari pembelian. Jika Anda membeli tiket dengan jumlah perjalanan tertentu, Anda dapat menggunakan perjalanan pada hari yang berbeda.

Tombol BELI muncul setelah Anda membuat ketiga pilihan ini. Terdapat tombol BATAL yang dapat digunakan kapan saja SEBELUM Anda menekan tombol BELI.

Anda ingin membeli tiket dengan dua perjalanan individu untuk kereta bawah tanah kota. Anda seorang pelajar, jadi Anda dapat menggunakan tarif konsesi. Gunakan mesin tiket untuk membeli tiket terbaik yang tersedia.

Setelah Anda menekan BELI, Anda tidak dapat kembali ke pertanyaan.

Contoh 6:

Kebanyakan burung yang bermigrasi berkumpul di satu daerah dan kemudian bermigrasi dalam kelompok besar daripada secara individu. Perilaku ini adalah hasil evolusi. Manakah dari berikut ini yang merupakan penjelasan ilmiah terbaik untuk evolusi perilaku ini pada sebagian besar burung yang bermigrasi?

  • A. Burung yang bermigrasi secara individu atau dalam kelompok kecil cenderung tidak dapat bertahan hidup dan memiliki keturunan.

  • B. Burung yang bermigrasi secara individu atau dalam kelompok kecil lebih mungkin untuk mendapatkan makanan yang cukup.

  • C. Terbang dalam kelompok besar memungkinkan spesies burung lain bergabung dalam migrasi.

  • D. Terbang dalam kelompok besar memungkinkan setiap burung memiliki kesempatan lebih baik untuk menemukan lokasi bersarang.


Contoh 7:
Identifikasi faktor yang mungkin membuat penghitungan relawan burung yang bermigrasi tidak akurat, dan jelaskan bagaimana faktor tersebut akan memengaruhi penghitungan.



Contoh 8:

BERLARI  DI CUACA PANAS

Selama lari jarak jauh, suhu tubuh meningkat dan timbul keringat.

Jika pelari tidak minum cukup untuk menggantikan air yang hilang melalui keringat, mereka bisa mengalami dehidrasi. Kehilangan air sebanyak 2% dari massa tubuh ke atas dianggap sebagai keadaan dehidrasi. Persentase ini diberi label pada meteran kehilangan air yang ditunjukkan di bawah ini.

Jika suhu tubuh naik hingga 40 ° C ke atas, pelari bisa mengalami kondisi yang mengancam nyawa yang disebut heat stroke. Suhu ini diberi label pada termometer suhu tubuh yang ditunjukkan di bawah ini.


Contoh 9:
INVESITGASI WAJAH LERENG

Sekelompok siswa melihat perbedaan dramatis pada vegetasi di dua lereng lembah: vegetasi jauh lebih hijau dan lebih banyak di lereng A daripada di lereng B. Perbedaan ini ditunjukkan pada ilustrasi di sebelah kanan.

Siswa menyelidiki mengapa vegetasi di lereng sangat berbeda dari satu lereng ke lereng lainnya. Sebagai bagian dari penyelidikan ini, siswa mengukur tiga faktor lingkungan selama periode waktu tertentu:

  • Radiasi matahari: seberapa banyak sinar matahari jatuh di lokasi tertentu

  • Kelembaban tanah: seberapa basah tanah di lokasi tertentu

  • Curah hujan: berapa banyak curah hujan di lokasi tertentu



Contoh 10:

METEOROID DAN CRATER

Batuan di luar angkasa yang memasuki atmosfer bumi disebut meteoroid. Meteoroid memanas, dan bersinar saat jatuh melalui atmosfer bumi. Kebanyakan meteoroid terbakar sebelum menabrak permukaan bumi. Saat meteoroid menghantam Bumi, ia bisa membuat lubang yang disebut kawah.

Lihat "Meteoroid dan Kawah" di sebelah kanan. Klik pada pilihan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Saat meteoroid mendekati Bumi dan atmosfernya, ia semakin cepat. Mengapa ini terjadi?

  • A. Meteoroid ditarik oleh rotasi Bumi.
  • B. Meteoroid didorong oleh cahaya Matahari.
  • C. Meteoroid tertarik ke massa Bumi.
  • D. Meteoroid ditolak oleh ruang hampa.


TES SEKARANG


Contoh 11:

BUDIDAYA IKAN BERKELANJUTAN

Meningkatnya permintaan makanan laut menambah beban populasi ikan liar. Untuk mengurangi beban ini, para peneliti sedang menyelidiki cara untuk membudidayakan ikan secara berkelanjutan di peternakan ikan.

Dua tantangan untuk menciptakan budidaya ikan yang berkelanjutan meliputi (1) memberi makan ikan budidaya dan (2) menjaga kualitas air. Ikan budidaya membutuhkan makanan dalam jumlah besar. Peternakan ikan yang berkelanjutan akan menumbuhkan makanan yang dibutuhkan untuk memberi makan ikan budidaya. Limbah dari ikan dapat menumpuk di tambak ke tingkat yang berbahaya bagi ikan. Dalam tambak ikan yang berkelanjutan, ada aliran air laut yang konstan melalui tambak. Limbah dan nutrisi berlebih (makanan yang dibutuhkan ganggang dan tanaman) dibuang dari air sebelum dikembalikan ke laut.



Contoh 12

Segera update


No comments

SALINAN SOAL ASLI SMA UNGGUL DEL dan SMA PLUS TB .SOPOSURUNG (YASOP) TAHUN 2020

Salam Para Bintang Banyak sekali yang hendak persiapan untuk SMA Unggul Del maupun SMA Plus Yasop. Mulai dari mengikuti les tambahan selain ...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//