Kumpulan Soal-Soal AKM & Survey Karakter ini terhadap siswa?? Apakah ini sudah tepat dilaksanakan dalam UNBK 2021


Salam Para Bintang

Jumpa lagi kita dalam tulisan ini,membahas tentang Polemik UNBK 2021. Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,yaitu Nadiem Makarim menyatakan bahwa UNBK dihapuskan untuk siswa kelas 12 SMA.

Sejak beliau dilantik,isu ini terus berkembang hingga akhirnya isu itu benar-benar terwujud dengan 4 kebijakan daripadan Mas Menteri,sebutan Milenial masyarakat Indonesia yang CEO GOJEK Indonesia.

Apakah kebijakan tersebut? Mas Menteri membuat kebijakan yaitu Program "Merdeka Belajar" ini meliputi:
  • Sekolah Berstandar Nasional (USBN),
  •  Ujian Nasional ( UN), 
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan
  • Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.
"Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran ke depan yang fokus pada arahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," tegas Nadiem.

Setelah saya mengamati tujuan ini semuanya sangat bagus.Dan menurut penjelasannya lagi bahwa untuk UN tidak lah secara langsung dihapuskan tapi akan di ganti dengan ujian dengan konsep baru yaitu : AKM dan survey Karakter.

Pemerintah melalui Kemendikbud telah melaksanakan simulasi UNBK 2020 ini secara perdana telah mengujicobakan AKM terhadap siswa yang menurut saya sangat bagus.
Mirip dengan survey atau identifikasi diri bagi siswa dengan tujuan ke depan Pemerintah dapat memetakan apa sebenarnya yang diharapkan generasi Muda ini ke depan.

Jadi,intinya AKM (Assesment Kompetensi Minimum) itu terdiri dari ujian kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi) dan kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi) yang digelar pada jenjang tengah yakni kelas 4,8, dan 11.Sedangkan survei karakter, ditujukan untuk mengukur dan mengetahui karakter pribadi dan wawasan kebangsaan dari siswa.

Berikut adalah contoh-contoh soal AKM yang sudah muncul di Simulasi UNBK 2020.Soal ini saya ambil dari Komputer Ujian Simulasi UNBK 2020 di SMA BRIGJEND KATAMSO MEDAN.

Sekedar berbagi untuk yang belum melihat dan untuk siswa/i kelas 11 IPA/IPS SMA/K/MA/MS.
Silahkan dishare kepada teman yang lain.














Apa sih pentingnya AKM ini?
Apakah ini sudah tepat pengganti Ujian Masional berbasis kertas ataupun komputer.
Intinya tidak jadi masalah...
Setiap kebijakan pasti ada baik buruknya.

Berikut contoh yang lain:


1 comment:

  1. trs nanti masuk universitas gmn y?apakah menggunakan akm bisa?

    ReplyDelete

Materi, Soal, dan Pembahasan Terlengkap – Persamaan Trigonometri Berbentuk a cos x + b sin x = c

Salam Para Bintang Pada materi sebelumnya, telah dipelajari persamaan trigonometri dasar . Nah, kali ini kita akan lanjutkan ke materi persa...

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//