InformasiTerbaru : Syarat Pendaftaran dan Biaya Masuk SMA Kolese Kanisius Tahun Ajaran 2023/2024


Salam Para Bintang

Halo para calon siswa/i SMA terbaik/unggulan di Indonesia, kali ini admin akan kembali sharing kepada kalian semua dan tak lupa juga orang tua yang ingin mencari sekolah terbaik di Indonesia yang sesuai dengan harapan Bapak/Ibu.

sumber: https://sma.kanisius.sch.id/
sumber: https://sma.kanisius.sch.id/

Semoga informasi kali ini sangat bermanfaat untuk kalian semua pembaca setia tulisan-tulisan dari tim ruang para bintang. Kali ini kita akan membahas tentang seputar Sekolah Menengah Atas yang berada di ibukota jakarta yaitu SMA Kolese Kanisius. Simak informasi tentang sekolah tersebut di sini dan untuk melihat informasi solah lain cek di sini juga!

Baca Juga:


A. Profil SMA Kolese Kanisius

SMA Kolese Kanisius merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang berlokasi di Jakarta Pusat. Berlandaskan iman Katolik, sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Budi Siswa. Dikutip dari Wikipedia, Sekolah Kolese Kanisius didirikan pada tanggal 1 Juli 1927, dengan seorang rohaniwan Yesuit, Pater Dr. J. Kurris SJ, sebagai direktur Kolese Kanisius yang pertama. Yang menjadi ciri khas dari Kanisius adalah sifatnya sebagai kolese (college), di mana siswa tak hanya dibangun diri sebatas akademiknya saja namun memiliki sifat rohani dan beberapa sifat kelakuan yang ditonjolkan, yang dikenal dengan 3C.

sumber: https://sma.kanisius.sch.id/
Prinsip 3C ini adalah Competence (kepintaran), Conscience (hati nurani), dan Compassion (kepedulian terhadap sesama). Dari prinsip ini dikembangkan beberapa prinsip lain yang berdasarkan 3C ini, yakni sikap kejujuran, sikap "man for and with others" (kita hidup untuk dan bersama sesama), berbagai Semangat Ignatian yang dibangun oleh Ignatius Loyola. Semangat Ignatian yang dibangun adalah Ad Maiorem Dei Gloriam (Demi Lebih Besarnya Kemuliaan Tuhan), magis (selalu semakin baik dari hari-ke-hari), refleksi, diskresi (mampu membedakan perbuatan baik dan jahat). 

Dilansir dari https://sma.kanisius.sch.id/, demi menunjang kegiatan belajar dan mengajar, kami berupaya memberikan fasilitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan siswa beserta warga sekolah lainnya. SMA Kanisius memiliki 6 kelas program IPA dan 2 kelas program IPS  dengan total  24 rombongan belajar yang dilengkapi glass board dan smart board.

sumber: https://sma.kanisius.sch.id/

Tersedia pula fasilitas olahraga berupa lapangan sepak bola, panjat tebing, aula olahraga
, dan fasilitas penunjang pembelajaran berupa 3 laboratorium komputer, 1 laboratorium Biologi, 1 laboratorium Fisika, 1 laboratorium Kimia, ruang audio-visual, sport hall, perpustakaan 2 lantai, band studio, loker untuk siswa, serta aula pertemuan, taman, tap waterlift, toilet, area parkir, dan sarana ibadah berupa kapel.


B. Syarat Pendaftaran SMA Kolese Kanisius TA 2023/2024

  • Bukti pembayaran biaya administrasi pendaftaran (bukti setor bank/transfer/ATM).
  • Kartu peserta tes.
  • Formulir pendaftaran.
  • Fotokopi Akta Kelahiran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi surat baptis (bagi yang beragama Katolik) atau surat keterangan asli dari Katekis (bagi calon baptis).
  • Surat pernyataan yang ditulis  oleh orang tua/wali, ditandatangani oleh calon peserta didik dan orang tua/wali, disertai materai Rp10.000.
  • Surat kesehatan (asli) dari dokter umum, yang menyebutkan mampu mengikuti proses belajar mengajar/olahraga.
  • Fotokopi Kartu Pelajar atau boleh menggunakan surat keterangan asal sekolah dengan mengisikan data disertai tanda  dan cap sekolah asal.
  • Fotokopi rapor SMP (halaman sampul depan, halaman data pribadi siswa, nilai kelas VII semester 2 dan 2, nilai kelas VIII semester 1 dan 2), tidak perlu dilegalisir.
  • Fotokopi sertifikat/piagam/medali lomba tingkat nasional atau internasional (jika ada).
  • Fotokopi sertifikat atau surat keterangan pernah mengikuti kegiatan di SMP/SMA Kanisius Jakarta.
  • Fotokopi hasil tes potensi akademik atau minat bakat (jika ada) untuk kepentingan penjurusan.
  • Print out data NISN dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Siswa dari sekolah internasional yang tidak memiliki NISN tidak perlu menyertakan.
  • Formulir permohonan beasiswa (jika mengajukan) beserta lampiran yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Lulus tes wawancara, tes bakat dan kebugaran, serta tes tulis.
Bagi kalian yang ingin lulus 100 % TES AKADEMIK ikuti bimbel online bagi siswa di luar kota: 


Hubungi: 082163596296

C. Tahapan Pendaftaran SMA Kolese Kanisius TA 2023/2024

  • Calon pendaftar mengunduh Petunjuk Pendaftaran di website kanisius.edu.
  • Melakukan pengisian data (isi formulir) secara online melalui internet dengan alamat kanisius.edu.
  • Membayar biaya administrasi pendaftaran melalui bank sesuai dengan keterangan yang diberikan.
  • Menunggu konfirmasi pendaftaran dari panitia maksimal 2 x 24 jam.
  • Mencetak formulir pendaftaran dan kartu peserta tes.
  • Menyerahkan syarat-syarat administrasi sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  • Berkas pendaftaran disusun sesuai dengan urutan pada syarat pendaftaran, dikemas dalam map khusus yang disediakan oleh panitia pada saat penyerahan syarat-syarat administrasi pendaftaran.
  • Melakukan tes wawancara, tes kebugaran/bakat, dan tes tertulis.


D.  Pendaftaran SMA Kolese Kanisius TA 2023/2024 (Segera Update)

Pendaftaran siswa baru di sekolah ini dilakukan secara online, dan calon siswa wajib mengisi formulir pendaftaran dan lulus tes wawancara, tes kebugaran, dan tes tulis. 

Rincian
Pendaftaran Online Agustus –  Oktober 2022
Tes WawancaraDiberitahukan melalui email/website
Tes Kebugaran & Tes Bakat MinatDiberitahukan melalui email/website
Tes Akademik & Tes Problem Solving Oktober 2022
Pengumuman Hasil SeleksiOktober 2022 

Baca Juga:


E. Biaya Masuk SMA Kolese Kanisius TA 2023/2024 (Segera Update)

Berdasarkan berbagai sumber yang berhasil diperoleh dari orang tua yang lulus dari tahun sebelumnya, biaya sekolah tiap siswa berbeda-beda. Hal ini dikarenakan adanya subsidi silang antara siswa yang mampu untuk siswa yang tidak mampu. Biaya yang dikeluarkan tergantung pada keadaan finansial keluarga masing-masing siswa. Siswa yang kurang mampu pun dapat mengajukan beasiswa atau keringanan biaya dari yayasan, yang dibatasi hanya sekitar 50 siswa.

SMA Kolese Kanisius tidak pernah memberikan informasi tentang seberapa besar biaya pendidikan ketika sudah lulus di SMA Kolese Kanisius. Jika diperhatikan juga,dalam brosur resminya, pihak SMA Kolese Kanisius hanya menginformasikan bahwa mengenai biaya pendidikan akan diketahui jika setelah calon peserta didik dinyatakan diterima secara akademik. 

sumber: https://sma.kanisius.sch.id/

Para calon siswa setidaknya dikenai biaya administrasi sekitar Rp350.000 (ditambah dengan 3 angka unik yang akan dibuat secara otomatis oleh sistem). Besaran biaya administrasi tersebut terpantau masih sama seperti tahun ajaran 2022/2023 lalu. Bukti pembayaran biaya administrasi ini dibutuhkan untuk melengkapi syarat administrasi pendaftaran bagi calon siswa baru SMA Kolese Kanisius.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi SMA Kolese Kanisius di Jalan Menteng Raya No. 64, Jakarta Pusat,

Telepon: (021) 31936464 dan 
alamat email: adm-sma@kanisius.edu.

Lakukan Pendaftaran Masuk SMA Kolese Kanisius di sini ! Klik Pendaftaran !


No comments

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//