APA SIH PENTINGNYA DONOR DARAH ITU? BACA SELENGKAPNYA !!

Salam Para Bintang...

Semangat untuk terus berbagi. Kali ini saya akan memberikan sedikit tentang pengetahuan tentang apa,untuk apa,guna dan untuk siapa Darah ini.

Sebelum kita bahas terlalu panjang,sebenarnya saya menuliskan artikel ini,agar semakin banyak orang untuk ikhlas dan rela memberikan darahnya kepada org lain yg sangat membutuhkan.
Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan kalian untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan atau satu nyawa, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya. 

Dalam mendonorkan darah,sebenarnya kita lah sebagai pendonor yang lebih diuntungkan, tidak ada kata lain.  Ingat "jangan pernah berpikiran negatif dengan donor darah" 
Okee guys...

Nih saya akan memebrikan sedikit manfaatnya donor darah ya bagi si pendonor:

Berikut beberapa manfaat donor darah yang harus Anda ketahui: 
  • Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah
Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.
Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah. 

Ingat: Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah

Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah.  Berdasarkan penelitian dan dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang rutin melakukan "donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukan donor darah".


Manfaat donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.


  • Menurunkan resiko kanker
Berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh Anda saat melakukan donor darah juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Sebaliknya, kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan.Sebuah penelitian yang melibatkan 2 kelompok dengan total 1200 orang memperlihatkan manfaat donor darah terhadap risiko kanker.
Pesan : Pada kelompok yang melakukan donor darah minimal 2 kali dalam satu tahun diketahui memiliki kadar besi dalam darah yang lebih stabil dan risiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan donor darah
  • Membantu menurunkan berat badan
Donor darah juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya. Pendonor yang secara rutin menyumbangkan darahnya dapat mengalami penurunan berat badan yang berarti. 

Ingat: Donor darah tidak dapat dijadikan sebagai pilihan program penurunan berat badan

Anda tetap harus menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan dan olahraga secara teratur supaya dapat mencapai berat badan yang ideal.
  • Membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia
Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali. Selain itu, menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.
  • Mengetahui setiap saat adapakah ada penyakit serius dalam tubuh anda
Setiap kali akan mendonorkan darah, Anda akan menjalani pemeriksaan dasar rutin seperti pemeriksaan berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk menjalani pemeriksaan darah untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi. Manfaat donor darah tidak hanya itu saja. Bagi pendonor, pemeriksaan ini tentu saja berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini.


Apakah kalian berminat untuk mendonorkan darah ?? Tidak semua orang bisa menjadi pendonor darah, karena setiap kali kita mendonorkan darah maka kita akan dicek terlebih dahulu oleh bagian pemeriksa donor darah.


Baca Juga:
  • Kriteria seorang dapat mendonorkan darah
  • Hal-hal yang diperhatikan sebelum dan sesudah mendonorkan darah
  • Berapa kali idealnya seseseorang mendonorkan darahnya dalam setahun

Demikianlah saya bagikan artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Ingat mendonorkan darah bukan untuk mencari uang tapi sebagai yang lain-lain yang berbau negatif. 

Berpikirlah dengan positif bahwa mendonorkan darah itu adalah sebuah pahala karna dapat menyelematkan satu nyawa akibat setetes darahmu. Donorlah agar kita sehat.  Selamat mendorkan darah kalian. 

Sumber: https://hellosehat.com


No comments

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//