Kumpulan Soal-soal Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara Magelang + Prediksi Soal

Salam Para Bintang

SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten MagelangJawa Tengah. Sekolah ini dikenal karena konsep pembentukan karakter (character building) dengan memberi penekanan pada nilai-nilai kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan. Filosofi pendidikan di SMA Taruna Nusantara adalah terpadunya tiga aspek yaitu prestasi akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian.

SMA TN memiliki sejumlah peleton siswa yang merupakan perwujudan latihan kepemimpinan dan berorganisasi. Terdapat empat peleton utama di SMA Taruna Nusantara.

Bagi kalian yang ingin lulus 100 % TES AKADEMIK ikuti bimbel online bagi siswa di luar kota: 




Hubungi: 082163596296

Tonpara

Peleton Upacara (Tonpara) merupakan peleton yang pertama kali berdiri di SMA Taruna Nusantara, dengan nama awal Peleton Inti (Tonti). Tonpara awalnya terdiri dari 25 siswa terpilih dari setiap angkatan. Mulai angkatan 19, bertambah menjadi 31 siswa (21 siswa putra dan 10 siswa putri) dan mulai angkatan 24 bertambah menjadi 34 siswa (24 siswa putra dan 10 siswi putri). Peleton ini bertanggung jawab mengerjakan seluruh tugas yang berkaitan dengan upacara umum (upacara bendera hari Senin), upacara khusus (peringatan hari besar atau upacara tradisi), serta Peraturan Baris Berbaris (PBB) siswa. Tonpara juga sering mengharumkan nama almamater SMA Taruna Nusantara dalam berbagai lomba PBB tingkat SMA se-Jateng.


Bantara

Ambalan Taruna Nusantara (Bantara) beranggotakan pramuka penegak baik bantara maupun laksana yang jumlahnya kurang lebih 30 siswa dari setiap angkatan. Mereka terpilih melalui seleksi baik teknik kepramukaan maupun kepribadian. Peleton ini dipimpin oleh seorang Pradana. Tugas utama Bantara adalah menjadi pembina kepramukaan bagi siswa lain. Oleh karena itu, setiap anggota Bantara diharuskan memiliki kecakapan kepramukaan yang kuat dan kemampuan survival di alam. Setiap tahun, Bantara menjalankan program Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) bagi siswa kelas X. Bantara juga memiliki kegiatan lapangan seperti raftinghiking di Gunung Merapi, susur sungai, dan susur pantai. Peleton Bantara sering memberikan prestasi juara bagi SMA Taruna Nusantara baik di bidang teknik kepramukaan, PBB, hingga lomba ketangkasan/ketahanan fisik.


PKS

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) bertugas menegakkan disiplin dan memeriksa kerapian siswa. PKS terdiri dari 16 siswa dan 8 siswi terpilih tiap angkatan yang terbagi dalam 8 kode. Contoh kegiatan rutin PKS adalah apel pengecekan pesiar dan apel pengecekan rutin (biasa dilakukan pada hari Selasa). PKS juga bertugas menjaga ketertiban acara yang melibatkan kunjungan tamu dari luar SMA Taruna Nusantara.


Pataka

Pasukan Tanda Kehormatan (Pataka) adalah pasukan khusus pembawa Lambang SMA Taruna Nusantara: Satya Pataka Wira Negara. Pataka terdiri dari 11 siswa dan 4 siswi terpilih tiap angkatan. Lambang SMA Taruna Nusantara (dengan berat tiang 18 kilogram) dibawa dengan khidmat oleh pasukan khusus ini dalam sejumlah upacara tradisi SMA Taruna Nusantara, yaitu Upacara Pembukaan Pendidikan, Malam Renungan 16 Agustus, Upacara Penutupan Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (PDK), Kampanye Dialogis OSIS SMA Taruna Nusantara, dan Upacara Prasetya Alumni.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/SMA_Taruna_Nusantara_Magelang

Nah, itulah seputar pengenalan tentang SMA Taruna Nusantara Magelang. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi file soal asli Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara Magelang. Banyak siswa memiliki harapan untuk lulus di SMA Taruna Nusantara. Nah, untuk lulus di sana pastinya adik-adik harus mempersipkan diri kalian dengan mempelajatri materi seperti Tes Potensi Akademik, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan IPA. Lulus adalah keharusan, jadi kalian harus mempesiapkan diri dengan mempelajari soal-soal tersebut.

Baca Juga

INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU SMA TARUNA NUSANTARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

1. Soal Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara 2001

2. Soal Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara 2002

3. Soal Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara 2006
4. Soal Seleksi Masuk SMA Taruna Nusantara 2007
Bagi kalian yang ingin lulus 100 % TES AKADEMIK ikuti bimbel online bagi siswa di luar kota: 

Hubungi: 082163596296

Sumber soal dari: www.catatanmatematika.com

Jika ingin melihat pembahasan soal-soal SMA Taruna Nusantara kalian boleh kunjungi chanel Youtube Ruang Para Bintang.



Semoga soal-soal ini bermanfaat dan bisa didownload dan paling utama dibahas atau didiskusikan dengan guru atau pengajar di bimbingan belajar. Semoga kalian semua lulus ya.Amin.
Silahkan di share dan kunjungi chanel youtube ruang para bintang untuk melihat jawabannya dan pembahasannya

Baca Juga:


3 comments:

  1. Link nya salah nih

    ReplyDelete
  2. iya salah ini
    ini gimana ini min admin

    ReplyDelete
  3. hasil scan nya jelek... ga bisa kebaca dengan baik
    \

    ReplyDelete

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//