Pedoman Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP KULIAH) tahun 2021 : Tidak Mesti memiliki KIP, PKH dan KKS!!

Salam Para Bintang

Halo semua para petarung masa depan. Dengar- dengar Bidikmisi terintegrasi dengan Kartu KIP ya? Namanya jadi KIP KULIAH, masih bingung juga pasti ya..

Saat ini aja masih ngisi akun dan daftar akun siswa untuk SNMPTN/UTBK SBMPTN pasti ya.
Boro -boro mikir Bidikmisi ya...?

Tapi gak apa-apa.
Boleh dong kita sharing sedikit. Gimana sih KIP Kuliah ini,biar clear gitu kan.
Begini ceritanya...

Syarat-syarat mendapatkan kartu KIP Kuliah adalah
  • Siswa/i yang ingin mendapatkan KIP kuliah harus lulusan pemegang KIP di sekolah menengah atas (SMA).
  • Siswa/i tersebut harus diterima dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terakreditasi A ataupun B. Syarat penting lainnya, mereka harus menyertakan keterangan keluarga tidak mampu dan penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Nah intinya jika siswa/i tersebut sudah memiliki kartu KIP semasa SMA, maka otomatis siswa tersbut bisa memperoleh bidikmisi. Asalkan memenuhi 2 syarat di atas`

Berdasarkan info dari https://nasional .tempo.co/
Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Didin Wahidin mengemukakan tahun depan ada kemungklnan mengganti nama beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa menjadi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.
"Tahun depan ada rencana untuk mengganti beasiswa Bidik Misi menjadi KIP Kuliah dengan jumlah penerima beasiswa mencapai sekitar 800.000 mahasiswa," kata Didin Wahidin usai membuka Kontes Kapal Cepat tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat.
Didin menjelaskan sekitar 800 ribu mahasiswa yang memperoleh beasiswa pada 2020 secara rinci adalah 400 ribu untuk mahasiswa baru dan 400 ribu untuk yang "on going".
Menurut Didin, jumlah tersebut meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, tidak ada perubahan nominal yang diterima mahasiswa atau masih sama dengan Bidik Misi sebelumnya.
Nominal yang diterima mahasiswa (melalui rekening masing-masing) sebesar Rp650.000 per bulan dan Rp 2,4 juta per semester yang masuk ke rekening perguruan tingginya. "Untuk KIP kuliah nanti, datanya sudah ada. "Kami (Kemeristekdikti) sudah menyinkronkan data dengan Kemenaker, Kemendikbud dan Kemensos," tuturnya.
Ia mengatakan sebagai tahap awal, KIP kuliah akan memberi prioritas pada mahasiswa yang kuliah di bidang science dan vokasi. Sedangkan untuk bidang atau ilmu-ilmu sosial pada tahap selanjutnya. "Bukannya tidak ada untuk ilmu-ilmu sosial," katanya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan kartu KIP bagi siswa/i yang belum punya?

Terdapat banyak informasi yang simpang siur bahwa pengusulan KIP dapat dilakukan melalui Aplikasi Dapodikdasmen di Lembaga Pendidikan (Sekolah), ada pernyataan lain bahwa pengajuan dapat dilakukan melalui Dinas Sosial atau Kelurahan. Bahkan ada yang menyebutkan pengajuan KIP dapat dilakukan melalui Dinas Pendidikan atau Cabang Dinas Pendidikan terdekat.

Nah, untuk saat ini ikuti tidak harus memiliki itu semua yaitu PKH,KKS dan KIP. Intinya banyak mahasiswa dapat KIP Kuliah tidak harus memiliki kartu tersebut. Bagaimana caranya untuk mendapatkanya?Intinya sekarang daftarkan saja terlebih dahulu.Boleh dicek informasinya di sini!
                                         https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Lihat Panduan Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk tahun 2021.

Semoga bermanfaat,jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di kolom komentar. Terimakasih. Salam Para Bintang

3 comments:

  1. Apakah kip kuliah berlaku di Poltekkes?

    ReplyDelete
  2. Mengapa kip tidak berlaku dipoltekkes???

    ReplyDelete
  3. Apakah KIP kuliah bisa berlaku di Poltekkes?? Tolong dijawab🙏

    ReplyDelete

Theme images by mariusFM77. Powered by Blogger.
//