Informasi Umum SNMPTN 2019; Sudah bisa melakukan Pendaftaran mulai tanggal 4 januari 2019


Image result for snmptn logo

SNMPTN 2019 sudah di depan mata. Siapkan diri kamu

Seputar SNMPTN 2019. Buat kamu yang ingin lulus SNMPTN 2019 perlu diketahui bahwa untuk lulus SNMPTN 2019 hal ini perlu kamu ketahui:

Silahkan dibaca dan dipahami:
  1. Dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester 1 s/d 5 bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun. 
  2. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar. 
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
Buat siswa-siswi SMA/SMK/MA yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di snmptn.ac.id


Perlu kamu ketahui juga bahwa untuk lulus SNMPTN 2019 perlu kamu cek apakah sekolah kamu sudah melengkapi kriteria ini :

  1. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  2. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
Jika tidak otomatis kamu ttidak bisa terdaftar di SNMPTN 2019 dan jika sudah melengkapi, otomatis kamu sudah bisa terverifikasi di SNMPTN 2019. sudah paham kan?

Sekali saya ingatkan dan infokan ini syarat siswa uang berhak sebagai pendaftar SNMPTN 2019 adalah:
  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul.
  2. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  4. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
 Kamu dipastikan dan dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan diterima di PTN yang kamu pilih jika:
  1. lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA;
  2. lulus SNMPTN 2019; dan
  3. lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Nah, selanjutnya bagaimana tahapan untuk mengikuti SMPTN 2019, ayo cek disini...

Pihak sekolah wajib memperhatikan hal-hal ini:
  1. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  2. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi
 Setelah pihak sekolah memberikan pasword kepada siswa maka siswa wajib memperhatikan hal-hal ini:
  1. Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password..
  2. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah, data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
 Setelah kamu verifikasi maka pemeringkatan akan dilakukan oleh lembaga baru yang baru dibuat di tahun 2019 ini yaitu LPTMPT yaitu:



  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

 Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:

Buat siswa/i hal ini perlu diperhatikan yatu sekolah kamu memiliki akreditasi apa????? klow sekolah akreditasi A bagaimana, B bagaimana, C bagaimana. itu sangat perlu loh.....
    1. Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
    2. Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
    3. Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya
Nah, untuk pendaftaran SNMPTN 2019 aturan dan langkah-langkah ini perlu diperhatika,n. Jangan gegabah dalam mendaftar...akibatnya fatal.
kiranya berkonsultasi dengan orang-orang yang berkompeten yaitu guru, atau kakak kelas yang sudah lulus PTN dan berpengalaman. oke

caranya dan langkahnya:
  1. Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  3. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Jadwal dan tanggal ini perlu dicatat ya...oke

Pengisian dan Verifikasi PDSS +++++++++++++  04 Januari – 25 Januari 2019
Pendaftaran SNMPTN +++++++++++++++++++ 04 Februari – 14 Februari 2019
Pengumuman Hasil Seleksi ++++++++++++++++ 23 Maret 2019

 Untuk tahun 2019, SNMPTN 2019 memberikan jumlah pilihan dan program study sebanyak:
  1. pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  2. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  3. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.
  4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

 sumber: snmptn.ac.id


No comments

INFORMASI PENDAFTARAN SISWA-SISWI BARU DI BIMBINGAN BELAJAR STAR ED TAHUN 2019/2020

Hai semua calon pemilik masa depan.... Salam Para Bintang Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang pentingnya ...

Powered by Blogger.